nusabali

Hujan Deras, Senderan Jalan Jebol Gerus Pos Kamling dan Warung

  • www.nusabali.com-hujan-deras-senderan-jalan-jebol-gerus-pos-kamling-dan-warung

NEGARA, NusaBali - Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, pada Minggu (29/9) sore, mengakibatkan bencana alam. Sebuah senderan jalan jebol di Banjar Bumbungan dan turut menggerus bangunan pos kamling serta lapak warung semi permanen.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana Putra, Senin (30/9), mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu (29/9) sekitar pukul 17.00 Wita. Hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut menyebabkan selokan di sebelah barat senderan meluap. 

Akibatnya, senderan jalan tidak mampu menahan tekanan air dan akhirnya jebol. Bagian senderan jalan yang jebol itu mencapai panjang sekitar 14 meter dengan tinggi sekitar 10 meter. "Pos kamling dan warung yang berada di atas senderan ikut terbawa longsor. Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa. Kerugian materiel sekitar Rp 25 juta," ujar Agus.

Tim Reaksi Cepat (TRC) III dan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Jembrana yang menerima laporan pada Minggu petang, langsung turun melakukan kaji cepat ke lokasi. Hasilnya, selain merusak fasilitas umum dan pribadi, kejadian ini juga mengakibatkan akses jalan desa menjadi rawan. 

Meski demikian, Agus Artana menyatakan, jalan tersebut masih bisa dilalui kendaraan. Jajaranya bersama dengan perangkat desa dan warga setempat telah melakukan penanganan darurat dengan memasang tanda menggunakan tali dan plang imbaun berhati-hati di lokasi kejadian.7ode

Komentar