nusabali

Pemkab Tabanan Garap Tapal Batas Rp 4 Miliar

  • www.nusabali.com-pemkab-tabanan-garap-tapal-batas-rp-4-miliar

TABANAN, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Tabanan mulai memperbaiki tapal batas. Pengerjaan yang menelan anggaran Rp 4 miliar tersebut sedang berlangsung dan ditarget tuntas akhir Desember 2024.

Adapun tapal batas yang dikerjakan tersebut berada di tiga titik, yakni tapal batas perbatasan sebelah barat antara Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Jembrana tepatnya di Desa Selabih Selemadeg Barat. 

Kemudian sebelah selatan antara Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Buleleng berada di Desa Candikung, Kecamatan Baturiti dan perbatasan sebelah utara Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Badung, berada di Banjar Dinas Dadakan, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukimanan (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedy Darmasaputra mengatakan pengerjaan tapal batas sudah dilakukan sejak sebulan. 

Khusus di perbatasan sebelah utara Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Badung, berada di Banjar Dinas Dadakan, Abiantuwung, Kecamatan Kediri, belum dikerjakan karena masih tahap pengadaan. "Yang dua titik lokasi sudah dilakukan sejak sebulan," tegasnya, Senin (30/9).

Disebutkan, untuk lokasi tapal batas sebelah barat dan sebelah utara pengerjaan sudah ditahap pembangunan pondasi dasar gapura pintu masuk. Selain itu juga konstruksi rangka bangunan gapura sudah mulai dikerjakan.

"Rangka konstruksi gapura ini berbahan baja dengan fisik tidak dapat dikerjakan di lapangan, melainkan dikerjakan di luar lokasi. Sehingga begitu pondasi gapura selesai dikerjakan, rangka konstruksi besi baja ini tinggal dipasang saja," bebernya.

Dedy menerangkan tidak ada perubahan desain pembangunan gapura tapal batas Kabupaten Tabanan. Desainnya sama dengan pembangunan gapura pintu masuk Kantor Bupati Tabanan. Begitu pula dengan hiasan dan ornamen lainnya yang mencirikan khas Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali.

"Yang beda itu cuma lebar dan dimensi, karena harus menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Tipikal desain masih sama, termasuk ikon-ikonnya. Target rampung pembangunan gapura ini akhir tahun 2024," tandasnya.7des

Komentar