nusabali

KPU Badung Rakit 1.534 Kotak Suara

  • www.nusabali.com-kpu-badung-rakit-1534-kotak-suara

Dari proses perakitan selama dua hari pada 29–30 September 2024, sebanyak 3 kotak dinyatakan rusak.

MANGUPURA, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung melakukan perakitan logistik kotak suara untuk Pilkada Bali dan Pilkada Badung 2024. Perakitan dilakukan pada 29–30 September 2024 di GOR Basket Sading, Kecamatan Mengwi. Jumlah kotak suara yang dirakit sebanyak 1.534 unit untuk kebutuhan di tempat pemungutan suara (TPS) dan kebutuhan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Komisioner KPU Badung Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Agung Rio Swandisara, mengungkapkan kebutuhan kotak suara sebanyak 1.534 kota ini antara lain sebanyak 1.522 kotak suara dirakit untuk kebutuhan TPS dan 12 kotak suara untuk kebutuhan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Kotak suara ini diperuntukkan bagi dua pemilihan yakni pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur Bali dan Bupati – Wakil Bupati Badung. Dari proses perakitan selama dua hari tersebut, sebanyak 3 kotak dinyatakan rusak. Setelah dirakit, kotak ditata dilapisi kayu palet di bagian bawah untuk meminimalisir kerusakan.

“Perakitan dilakukan selama dua hari, dan sudah selesai hari ini (Senin kemarin). Namun dilakukan penataan kembali. Kotak suara di bagian alasnya diisi kayu palet kemudian dilapisi terpal. Tujuannya untuk mengurangi adanya kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban keramik atau lantai,” ujar Agung Rio ditemui di sela penataan kotak suara, Senin (30/9).

Mantan Panwascam Mengwi ini menambahkan, untuk logistik lainnya, KPU Badung sudah melakukan approval model surat suara daftar pasangan calon (paslon) bersama masing-masing LO paslon. “Tadi malam sudah dilakukan kontrak bersama dengan penyedia untuk pencetakan massal surat suara Bupati – Wakil Bupati Badung,” ucapnya.

Kemudian sesuai rencana, setelah surat suara dicetak, proses perakitan kotak suara, sortir lipat surat suara, dan pengiriman ke TPS dilakukan mulai dari GOR Basket Sading. Pengerjaan diperkirakan mulai awal November 2024. “Seluruh proses logistik Pilkada 2024 mulai dari sortir, lipat, setting, sampai dengan pengiriman ke TPS itu akan dilakukan dan dimulai dari GOR Basket Sading. Setelah sampai di TPS, dipergunakan, kemudian setelah rekap di kecamatan, kembalinya logistik dari rekap kecamatan dan kabupaten akan kami tampung di Gudang Logistik KPU Badung yang berada di Jalan Gatot Subroto Barat,” jelas Agung Rio.

Dikatakannya, selama proses kegiatan logistik sejak awal hingga terdistribusi ke TPS akan selalu dilakukan pengawasan. Mulai memastikan tepat jumlah, tepat desain, dan kebutuhannya sesuai dengan aturan yang ditentukan KPU RI. Termasuk juga dibantu pengamanan dari Polres Badung di gudang logistik GOR Basket Sading, dan pengamanan dari petugas Polresta Denpasar di gudang logistik kawasan Jalan Gatsu Barat. 

“Jumlah tenaga perakitan kotak suara saat ini sebanyak 10 orang. Namun saat pelipatan dan sortir surat nanti petugas akan bertambah, karena ada dua varian surat suara yakni untuk pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur Bali dan Bupati – Wakil Bupati Badung,” katanya. 7 ind

Komentar