nusabali

Pemkab Badung Raih Anugerah Layanan Investasi Terbaik Tahun 2024

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-raih-anugerah-layanan-investasi-terbaik-tahun-2024

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung meraih Anugerah Layanan Investasi (ALI) Tahun 2024 dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

Penghargaan diterima Plt Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kepala Dinas PMPTSP Badung I Made Agus Aryawan, di Grand Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat, Senin (30/9).

Penyerahan trofi ALI 2024 dilakukan oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani dan Piagam Kinerja Terbaik 2024 oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Penghargaan ini diraih tidak lepas dari upaya Pemkab Badung melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) yang dinilai berhasil dalam kinerja pelayanan terpadu satu pintu dan kinerja percepatan pelaksanaan berusaha.

Suiasa menyatakan bersyukur atas prestasi Pemkab Badung meraih penghargaan dari Kementerian Investasi/BKPM RI. Karena pada puncak ALI tahun ini, Badung meraih dua penghargaan sekaligus yakni sebagai Nomine Kabupaten Terbaik dalam Anugerah Layanan Investasi dan sebagai Kabupaten Terbaik dalam Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Kinerja Pelayanan Berusaha Kabupaten se-Indonesia. Prestasi yang diraih ini atas kerja keras seluruh jajaran Dinas PMPTSP serta dukungan masyarakat Badung, sehingga mampu menghasilkan kinerja terbaik tahun ini.

“Ini kinerja yang sangat baik dan sebagai prestasi puncak, semoga ke depan kita bisa pertahankan. Oleh karena itu patut kita apresiasi dan berikan penghargaan jajaran Dinas PMPTSP Badung dan Mal Pelayanan Publik yang telah menghasilkan kinerja yang baik,” ujar Suiasa.

Diharapkan, dari prestasi yang diraih ini akan mampu menjadi pemantik untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dan memungkinkan para investor dapat berinvestasi di Badung. Sehingga investasi di Badung menjadi meningkat, yang berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi, penurunan kemiskinan dan angka pengangguran, dan pula kesejahteraan masyarakat Badung dapat terwujud. “Menjadikan Kabupaten Badung sebagai kabupaten yang mandiri, positif, dan layak sebagai tempat investasi,” imbuhnya.

Kadis PMPTSP Badung I Made Agus Aryawan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pimpinan, seluruh jajaran Dinas PMPTSP, dan seluruh stakeholder, utamanya pelaku usaha yang telah berkontribusi terhadap pencapaian kinerja tahun ini, baik realisasi investasi maupun evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan bagi para penanaman modal, penilaian kinerja PTSP dan PPB.

Menurutnya, anugerah layanan investasi ini merupakan ajang mengevaluasi pemda dalam penyelenggaraan kemudahan berusaha dan kesempatan ini patut disyukuri karena Kabupaten Badung masuk peringkat terbaik pertama nasional kategori kabupaten. Dalam penilaian ini, terdapat 3 tahapan yang harus dilalui. Tahap pertama, penilaian mandiri, penilaian dari Pemprov Bali, dan penilaian dari Hipmi Badung. Tahap kedua, penilaian dari Tim Juri Nasional dan quality control (QC) dari Kementerian Investasi, dan tahap ketiga yaitu Pemaparan Nomine 8 besar dan uji petik.

“Kami sangat bersyukur, karena telah terjadi peningkatan dari raihan tahun 2022 lalu, di mana kami masuk peringkat ke-3. Saat ini Badung meraih peringkat tertinggi dan terbaik Anugerah Layanan Investasi 2024. Ke depan kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada para penanam modal dan masyarakat,” ucap Made Aryawan. @ ind

Komentar