nusabali

Pimpinan AKD Rencananya Dilantik Setelah Kuningan

Satu Fraksi DPRD Kota Denpasar Hilang

  • www.nusabali.com-pimpinan-akd-rencananya-dilantik-setelah-kuningan

DENPASAR, NusaBali - Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Kota Denpasar hingga saat ini belum dilakukan proses penetapan. Pembentukan baru sebatas pimpinan dewan.

Namun, pelantikan pimpinan dewan direncanakan baru akan digelar setelah Hari Raya Kuningan, yakni 7 Oktober 2024. 

Hal itu dikemukakan Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Denpasar I Gde Made Bhaju Pravita, Senin (30/9). Bhaju Pravita mengatakan, pembentukan AKD sampai saat ini sedang dalam proses. Namun, proses tersebut nantinya diawali dengan pelantikan pimpinan terlebih dahulu. 

Setelah itu baru penetapan AKD baik pimpinan fraksi maupun pimpinan komisi. Saat ini masih tetap ada 4 komisi seperti sebelumnya. 

“AKD belum, nanti pelantikan pimpinan dulu rencananya pada 7 Oktober, mudah-mudahan bisa. Karena tanggal itu ada hari baik. Setelah itu baru pembentukan AKD dari fraksi hingga komisi,” ucap Bhaju Pravita. 

Dikatakan Bhaju Pravita, calon pimpinan dewan seperti ketua, masih yang sebelumnya yakni I Gusti Ngurah Gede yang merupakan Ketua DPC PDIP Denpasar. Sementara wakil ketua I merupakan new comer yakni Ketua DPC Gerindra Denpasar Ida Bagus Yoga Adi Putra.

Wakil ketua II ditempati Ketua DPD II Golkar Denpasar I Wayan Mariyana Wandhira dan Wakil Ketua III ditempati Wakil DPW PSI Provinsi Bali Made Oka Cahyadi Wiguna. “Mereka sudah resmi ditunjuk masing-masing partai dengan perolehan kursi tertinggi,” ungkap Bhaju Pravita. 

Bhaju Pravita mengemukakan, satu fraksi di DPRD Kota Denpasar dipastikan hilang. Dalam AKD 2019–2024 ada 5 fraksi yakni PDIP, Golkar, Demokrat, Gerindra, dan NasDem-PSI. Namun, karena perolehan kursi Demokrat berkurang dari 4 kursi menjadi 2 kursi, maka satu fraksi hilang. 

Demokrat dan Partai Gelora kini dipastikan merapat ke Fraksi PDIP. Sedangkan NasDem yang memiliki 1 kursi dipastikan masih bersama PSI dengan membentuk 1 fraksi yakni PSI-NasDem. “Dulu 5 fraksi sekarang masih 4 fraksi, karena Fraksi Demokrat hilang, gabung ke PDIP,” imbuhnya. 

Sementara, PSI Kota Denpasar yang hanya memiliki 3 kursi kini sudah membentuk satu fraksi. Mereka kembali bersama Partai NasDem. Fraksi yang dulunya bernama NasDem-PSI kini berbalik menjadi Fraksi PSI-NasDem. 

Sebab, Partai NasDem yang dulunya memiliki 3 kursi kini hanya tinggal 1 kursi yang diraih incumbent dari Dapil 4 Denpasar Timur yakni I Wayan Gatra yang dipastikan diberikan posisi sebagai wakil ketua fraksi. “Kita sudah menentukan wakil ketua tetap Pak Oka Cahyadi. Sedangkan untuk membentuk satu fraksi kami masih bersama NasDem dengan posisi wakil fraksi,” ungkap Ketua DPD PSI Denpasar Putu Suma Gita. 7 mis

Komentar