nusabali

Soal Keamanan Penerbangan, ICAO Nilai RI Raih Angka di Atas Rata-rata Dunia

  • www.nusabali.com-soal-keamanan-penerbangan-icao-nilai-ri-raih-angka-di-atas-rata-rata-dunia

JAKARTA, NusaBali - Nilai keamanan penerbangan di Indonesia mencatatkan angka di atas rata-rata dunia. Dari hasil Audit International Civil Aviation Organization (ICAO), nilai Effective Implementation (EI) yang diperoleh Indonesia adalah 88,53%.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, angka tersebut 13% lebih tinggi dibanding rata-rata dunia yang sebesar 75%.

"Jadi dalam audit yang dilakukan ICAO namanya, kita dinyatakan satu angka 88%, relatif tinggi. Rata-rata 75%. Jadi kita punya 13% dari angka rata-rata," katanya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (29/9) seperti dilansir detikcom.

Oleh karena itu Menhub mengapresiasi kepada stakeholder terkait yang berkontribusi atas capaian tersebut. Ia lantas menyebut Bandara Indonesia jauh lebih bagus dibanding bandara-bandara di Eropa.

"Jadi kalau banyak orang lalu-lalang, banyak orang tidak jelas itu membuat standarnya itu turun. Jadi kalau kita friendly speaking ya kalau kita dibandingkan dengan bandara-bandara yang ada di Eropa, kita jauh lebih bagus," bebernya.

Pada kesempatan itu Menhub sempat meninjau infrastruktur di Bandara Soekarno-Hatta, mulai dari kereta bandara, kereta kalayang, kondisi terminal bandara hingga menara Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC). Di situ dia menyebut bandara Soetta melayani lebih dari 1.000 penerbangan setiap hari.

"Sekarang itu di atas 1.000. Setiap hari ada 1.000 take off landing, sehingga total penumpang itu bisa sampai 180 ribu yang di Soetta," bebernya.

Dalam catatan detikcom, Indonesia kembali mencatatkan prestasi di kancah penerbangan internasional setelah mendapatkan nilai yang mengesankan dalam audit keamanan penerbangan oleh ICAO. Berdasarkan hasil audit tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memperoleh nilai Effective Implementation (EI) sebesar 88,53 persen.

Regional Director International Civil Aviation Organization of the Asia and Pacific (ICAO APAC) Office, Tao Ma, menyebut secara keseluruhan, capaian itu di atas rata-rata global yang saat ini berada di sekitar 70 persen.

"Rata-rata global saat ini sekitar 70 persen. Jadi Indonesia 80%," kata Tao Ma di acara Hub Talks bertajuk 'Future Ready Aviation Professionals, Strategies for Achieving Indonesia Emas 2045' di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2024).

Dalam audit ICAO tersebut, delapan aspek utama menjadi fokus evaluasi, yaitu sistem hukum, organisasi, perizinan personel, operasi, kelaikan udara, investigasi kecelakaan pesawat, layanan navigasi udara, serta standar di bandara. Setiap aspek ini dinilai secara mendalam untuk memastikan bahwa sistem penerbangan Indonesia memenuhi standar keamanan dan keselamatan internasional.

Komentar