nusabali

KPU Gianyar Amankan Logistik Pilkada Serentak 2024

  • www.nusabali.com-kpu-gianyar-amankan-logistik-pilkada-serentak-2024

GIANYAR, NusaBali - KPU Kabupaten Gianyar mematang persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Salah satunya pengamanan logistik berupa kotak suara, bilik suara, tinta dan kabel ties. Seluruh logistik tersebut kini diamankan di Gudang KPU Gianyar dengan penjagaan petugas kepolisian.

Ketua KPU Kabupaten Gianyar yang sekaligus juga pengampu Divisi Keuangan Umum dan Logistik, I Wayan Mura, mengatakan logistik yang masuk ke gudang KPU Kabupaten Gianyar prosesnya secara bertahap. Pengiriman tahap pertama yaitu pada tanggal 20 September 2024, yang masuk antara lain kotak suara, bilik suara dan tinta. Kemudian dilanjutkan pengiriman logistik tahap kedua yaitu pada tanggal 22 September 2024, logistik yang masuk antara lain kotak suara. Tahap ketiga yaitu ditanggal 27 September 2024, logistik yang masuk adalah kabel ties. 

Mura menambahkan jumlah logistik yang ada di Gudang KPU Kabupaten Gianyar adalah sebanyak 1.760 kotak suara, 3.492 bilik suara, 1.746 tinta dan 10.476 pcs kabel ties yang nantinya akan disebar pada 873 TPS di seluruh wilayah di Kabupaten Gianyar. 

“Masing-masing item logistik kami sudah terima mulai dari tanggal 20 September 2024 kemarin dan astungkara semuanya dalam kondisi baik. Selanjutnya nanti setelah plastik pembungkus datang, kami akan lakukan perakitan untuk kotak suara,” ujar Mura, Senin (30/9). 

Ia juga menambahkan semua logistik akan ditempatkan di Gudang KPU Kabupaten Gianyar di Desa Buruan, Blahbatuh. Terkait penempatannya Wayan Mura menyebutkan sudah menyiapkan palet-palet untuk penempatan logistik, sehingga tidak alami rusak karena pengaruh kelembabnya lantai. 

Mura menegaskan pihaknya selalu memantau kondisi gudang logistik dan memastikan tidak ada atap yang bocor atau air yang merembes ke dalam gudang.. Aspek-aspek lainnya seperti kebersihan termasuk memastikan semua logistik yang masuk telah memenuhi unsur tepat jumlah, tepat desain, dan kebutuhannya sesuai dengan apa yang ditentukan dalam peraturan perundang -undangan melalui PKPU yang dikeluarkan oleh KPU RI. 

Selain itu, Mura juga mengatakan bahwa aspek keamanan juga sangat krusial. “Kita selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian terkait degan pengamanan gudang logistik. Pihak kepolisian khususnya dari Polres Gianyar juga sangat sigap dalam melakukan proses-proses pengamanan. Terbukti dengan patroli yang selalu dilakukan oleh jajaran Polres Gianyar, baik itu di Kantor KPU Gianyar maupun di Gudang Logistik,” ujar Mura. nvi 

Komentar