nusabali

90 Autogate di Bandara Dioperasikan Penuh

  • www.nusabali.com-90-autogate-di-bandara-dioperasikan-penuh

Lima negara dengan pelintas autogate terbanyak pada Terminal Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai adalah Australia, China, Inggris, Prancis, dan Korea Selatan

MANGUPURA, NusaBali
Direktur Jenderal Imigrasi meresmikan pengoperasian 90 autogate di Terminal Kedatangan dan Keberangkatan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. Sebanyak 60 unit dioperasikan pada terminal kedatangan dan 30 unit dioperasikan pada terminal keberangkatan.

Sebanyak 90 autogate ini merupakan penambahan dari 30 unit autogate yang lebih dahulu dioperasikan pada Februari lalu.

“Sebagai salah pintu utama pariwisata Indonesia, rata-rata kedatangan internasional di TPI Bandara Ngurah Rai mencapai 18.000 – 21.000 orang per hari. Dengan adanya fasilitas autogate, proses pemeriksaan keimigrasian hanya membutuhkan waktu 15–25 detik per orang. Ini menjadi terobosan yang baik untuk memperlancar lalu lintas pemeriksaan keimigrasian, menjadi semakin efektif dan efisien.” ujar Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim di sela-sela acara peresmian, Selasa (1/10). 

Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim (kiri) bersama Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menekan tombol secara simbolis saat peresmian pintu otomatis (Autogate) yang dioperasikan di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (1/10/2024). –IST 

Autogate dapat dipergunakan baik oleh warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) pemegang visa elektronik. Pemeriksaan keimigrasian menggunakan autogate menggabungkan teknologi pengenalan wajah (face recognition) dan border control management (BCM). Implementasi autogate mendukung ekosistem pelayanan keimigrasian bagi WNA yang terintegrasi dan seamless, mulai dari proses pengajuan visa secara online hingga alur pemeriksaan keimigrasian yang lebih nyaman.

Silmy menambahkan, jumlah pengguna autogate terus mengalami peningkatan setiap bulannya. Terlebih setelah autogate bisa digunakan oleh anak usia usia 6 tahun. Pada awal dioperasikannya autogate di terminal kedatangan pada Februari lalu, persentase pengguna autogate WNA masih sebesar 17 persen dan WNI sebesar 49 persen. Persentase tersebut terus meningkat setiap bulan dan hingga saat ini (September) pengguna autogate WNA sudah mencapai 67 persen dari total penumpang WNA, dan WNI mencapai 62 persen dari total penumpang WNI.

Lima negara dengan pelintas autogate terbanyak pada terminal kedatangan adalah Australia sebanyak 494.313 orang, China 150.683 orang, Inggris 113.737 orang, Prancis 108.618 orang, serta Korea Selatan 105.677 orang. “Perlu diingat, peningkatan layanan keimigrasian melalui autogate tidak berarti aspek keamanan dikesampingkan. Pelintas autogate juga diperiksa apakah dia masuk dalam daftar cekal, ataukah red notice interpol. Kalau mereka masuk dalam daftar tersebut, otomatis merah. Enggak bisa melintas,” imbuh Silmy.

Hingga 27 September 2024, tercatat sebanyak 4.722.771 WNA melintas masuk melalui Bandara Ngurah Rai. Jumlah tersebut meliputi 94,2 persen dari total kedatangan dalam kurun waktu 1 Januari – 27 September 2024. Lima negara dengan jumlah kedatangan terbanyak adalah Australia sebanyak 1.164.258 orang, India 411.758 orang, China 361.372 orang, Inggris 228.948 orang, serta Korea Selatan 216.993 orang.

“Ini progress yang baik. Dan saya harapkan akan semakin baik pula pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian ke depannya, tidak hanya di Bali tapi juga di seluruh unit pelaksana teknis keimigrasian baik di dalam maupun luar negeri,” ucap Silmy. 7 ol3

Komentar