nusabali

Rute Penerbangan Bali–Hongkong Bertambah

  • www.nusabali.com-rute-penerbangan-bali-hongkong-bertambah

MANGUPURA, NusaBali - Konektivitas Bali–Hongkong kian ramai seiring bertambahnya maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Terbaru, Indonesia Air Asia membuka penerbangan perdana Hongkong (HKG) – Denpasar (DPS) pada Selasa (1/10), yang menjadikannya maskapai ketiga yang terbang langsung dari Hongkong menuju Bali. Sebelumnya, Cathay Pacific dan Hongkong Airlines lebih dulu beroperasi. 

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Ahmad Syaugi Shahab, mengatakan dengan bertambahnya frekuensi penerbangan dari dan menuju Hongkong, kini tersedia tambahan alternatif jadwal penerbangan bagi pengguna jasa bandara. 

“Sebelumnya tersedia penerbangan pagi yang dilayani Hongkong Airlines dengan jadwal keberangkatan dari Bali pukul 08.15 Wita dan sore menggunakan Cathay Pacific pukul 16.00 Wita. Indonesia Air Asia melengkapi dengan hadir di jam keberangkatan pukul 01.45 Wita. Berdasarkan catatan kami rute Hongkong cukup baik performanya, dengan rata-rata tingkat keterisian kursi mencapai 80 persen,” ujarnya.

Syaugi melanjutkan, permintaan rute Hongkong sangat prospektif. Salah satunya terlihat dari perubahan tipe pesawat yang diajukan Cathay Pacific. Sejak Juli 2024, pesawat yang digunakan adalah Boeing 777 berbadan lebar berkapasitas 438 kursi, setelah sebelumnya menggunakan Airbus 333 berbadan sedang dengan kapasitas 317 kursi penumpang. Dari sisi ketepatan waktu realisasi dan rencana penerbangan, rute ini juga cukup positif dengan on time performance mencapai 83 persen. 

Pesawat Indonesia Air Asia QZ300 terbang perdana dari Bandara Ngurah Rai pada pukul 00.45 Wita dengan membawa 126 penumpang. Sementara itu pesawat QZ301 Hongkong – Denpasar melakukan pendaratan perdananya pada pukul 11.50 Wita, dengan seremoni penyambutan water salute. Pesawat dengan tipe Airbus 320 tersebut mengangkut 171 penumpang. Sama seperti Cathay Pacific dan Hongkong Airlines, Indonesia Air Asia akan melayani rute Hongkong dengan jadwal operasi dalam sepekan terbang setiap hari sebanyak satu kali atau 7 kali seminggu. 

Kegiatan penyambutan kedatangan penumpang perdana dihadiri oleh Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Ni Made Ayu Marthini yang dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Menparekraf Sandiaga Uno. “Konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia, terlebih penerbangan langsung dari Hongkong ke Indonesia memang dinantikan. Penerbangan Indonesia Air Asia diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hongkong dan internasional ke Indonesia, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan devisa dari sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan,” kata Marthini.

Hingga 30 September 2024, jumlah penumpang penerbangan Hongkong – Denpasar PP di Bandara Ngurah Rai mencapai 302.547 penumpang atau 2,87 persen dari total penumpang internasional yang mencapai 10,5 juta penumpang. Syaugi berharap kehadiran Indonesia Air Asia mampu menambah daya tarik rute tersebut dan memberikan kontribusi peningkatan jumlah wisatawan mancanaegara dari Hongkong yang berkunjung ke Indonesia.

“Kami ucapkan selamat dan sukses kepada Indonesia Air Asia yang di tahun 2024 ini cukup giat menambah jumlah rute, termasuk di antaranya Phuket dan Kotakinabalu yang telah terealisasi bulan Agustus lalu. Semoga operasional selalu lancar dan realisasi penumpangnya terpenuhi sesuai rencana,” kata Syaugi. 

“PT Angkasa Pura Indonesia selaku pengelola bandara akan selalu memberi dukungan kepada maskapai yang memiliki ketertarikan membuka atau menambah rute. Hal ini sejalan dengan tujuan perusahaan untuk menguatkan konektivitas daerah-daerah di Indonesia dan mancanegara,” tandas Syaugi. 7 7 ol3

Komentar