nusabali

Intermediasi Perbankan Tumbuh Positif

Sektor Jasa Keuangan Stabil

  • www.nusabali.com-intermediasi-perbankan-tumbuh-positif

JAKARTA,NusaBali - Kinerja intermediasi perbankan tumbuh positif dengan profil risiko yang terjaga di tengah outlook kinerja perekonomian global yang menurun.

Pada Agustus 2024, pertumbuhan kredit masih melanjutkan catatan double digit growth sebesar 11,40 persen yoy  menjadi Rp7.507,7 triliun.

Kepala Departemen Literasi, Inklusi dan Komunikasi Otoritas Jasa Keuangan(OJK), Aman Santosa, menyampaikan Senin (1/10). Hal tersebut berdasarkan hasil Rapat Dewan Komisioner OJK pada Rabu (25/9).

”Berdasarkan jenis penggunaan, Kredit Investasi tumbuh tertinggi yaitu sebesar 13,08 persen, diikuti Kredit Konsumsi 10,83 persen. Sedangkan Kredit Modal Kerja 10,75 persen,” jelasnya  melalui keterangan pers tertulis.

”Ditinjau dari kepemilikan bank, bank BUMN menjadi pendorong utama pertumbuhan kredit yaitu sebesar 13,13 persen yoy,”  ujarnya.

Berdasarkan kategori debitur, kredit korporasi tumbuh sebesar 16,51 persen, sementara kredit UMKM juga tetap tumbuh meskipun lebih lambat dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu sebesar 4,42 persen.

Di sisi lain, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tercatat tumbuh sebesar 7,01 persen yoy menjadi Rp8.650 triliun, dengan giro, tabungan, dan deposito masing-masing tumbuh sebesar 10,06 persen, 6,14 persen, dan 5,37 persen yoy.

OJK menilai Likuiditas industri perbankan pada Agustus 2024  tetap memadai meskipun termoderasi.

Sementara itu, kualitas kredit tetap terjaga dengan rasio Non-Performing Loan (NPL) gross perbankan sedikit turun ke level 2,26 persen dan NPL net sebesar 0,78 persen. Loan at Risk (LaR) juga menunjukkan tren penurunan menjadi sebesar 10,17 persen (Juli 2024: 10,27 persen). Rasio LaR tersebut juga mendekati level sebelum pandemi yaitu sebesar 9,93 persen pada Desember 2019.

 “Secara umum, tingkat profitabilitas bank (ROA) stabil di level yang tinggi yaitu 2,69 persen  yang menunjukkan kinerja industri perbankan tetap resilien dan stabil,” kata Aman Santosa.

Ketahanan perbankan juga tetap kuat tecermin dari permodalan (CAR) yang berada di level tinggi dan meningkat yaitu sebesar 26,78 persen  dan menjadi bantalan mitigasi risiko yang solid di tengah kondisi ketidakpastian global.

Sebelumnya Rapat Dewan Komisioner Bulanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 25 September 2024 menilai stabilitas sektor jasa keuangan terjaga stabil dan pasar keuangan menguat di tengah sentimen positif akibat periode cut cycle bank sentral, namun prospek aktivitas perekonomian dunia melemah. K17.

Komentar