nusabali

Pascarehab, Badan Jalan Kembali Tergenang Air

  • www.nusabali.com-pascarehab-badan-jalan-kembali-tergenang-air

BANGLI, NusaBali - Meskipun Pemkab Bangli sudah merehabilitasi drainase dan trotoar Kota Bangli, di beberapa titik jalan di kota ini masih tergenang air. Seperti tampak di ruas Jalan Erlangga, Kelurahan Cempaga, Bangli. Jalan tersebut tergenang air pascahujan deras melanda wilayah Bangli.

Sekretraris Dinas PUPR Perkim Bangli Putu Dedy Upariawan saat dikonfirmasi,  mengatakan tergenangnya badan jalan itu karena intensitas hujan yang tinggi dengan durasi waktu yang lama. 

Pihaknya membantah adanya tudingan tentang kegiatan rehabilitasi dan trotoar yang sudah berjalan tidak mampu mengatasi persoalan tersebut. "Sepengetahuan kami dengan kegiatan rehabilitasi drainase dan trotoar genangan air lebih cepat surut,” jelasnya Rabu (2/10).

Kata Putu Dedy, dalam kegiatan rehabilitiasi saluran drainase dirancang air hujan akan masuk saluran drainase melewati kubang filter. Hal ini bertujuannya menghindari sampah atau material lainya masuk ke saluran drianase yang lambat laun mengakibatkan saluran drainase mengalami pendangkalan.

Lanjutnya, saluran drainase sebelumnya berisi lubang air cukup besar. Lubang ini tidak dilengkapi filter sehingga sampah yang hanyut terbawa air masuk ke dalam saluran drainase. "Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya pendangkalan sehingga butuh waktu lama air surut,” ungkapnya.

Putu Dedy mengharapakan dukungan dan peran serta masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terlebih lagi ke saluran drainase. "Agar saluran drainase tidak mengalami pendangkalan kami meminta dukungan atau peran serta masyarakat  agar menghindari membuang sampah di  saluran draianse," ujarnya. 7esa

Komentar