nusabali

Paes Pede Bersaing, STY Tak Bawa Hubner-Sananta

  • www.nusabali.com-paes-pede-bersaing-sty-tak-bawa-hubner-sananta

DALLAS, NusaBali - Kiper Maarten Paes kian percayaan diri (pede), setelah Timnas Indonesia mengimbangi Arab Saudi dan Australia pada laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Debut Paes bersama Indonesia saat melawan Arab Saudi pada 5 September 2024 berakhir manis. Dia membuat penyelamatan satu penalti, dan mengantar Tim Garuda menahan tuan rumah 1-1. Paes mencatatkan cleansheet saat Indonesia imbang 0-0 kontra Australia, 10 September.

"Saya pikir kedua pertandingan tersebut memberikan dorongan mental yang besar bagi kami di Kualifikasi Piala Dunia 2026," ujar Maarten Paes di laman FC Dallas.

"bisa Kami melihat kami mampu bersaing dengan negara-negara yang berkompetisi di Piala Dunia," kata kiper 26 tahun itu.

Negara-negara Piala Dunia yang dimaksud Maarten Paes adalah Australia yang enam kali lolos ke putaran final dan Arab Saudi yang juga enam kali bermain di Piala Dunia. Kedua tim itu juga berstatus sebagai peserta Piala Dunia 2022 Qatar. Australia lolos 16 besar, dan Arab Saudi terhenti di penyisihan grup.

"Kami benar-benar dapat melakukannya dan melaju hingga ke Piala Dunia 2026 Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. Itu akan luar biasa, dan saya pikir para penggemar pantas mendapatkannya," jelas Maarten Paes.

Kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) 2024 ini kembali dipanggil Indonesia untuk dua laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024. Indonesia lebih dulu menantang tuan rumah Bahrain dalam matchday ketiga Grup C di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024. Lima hari berselang, Indonesia menghadapi China di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao.

Sementara itu, pelatih timnas senior Indonesia Shin Tae-yong (STY) memanggil 27 nama untuk menghadapi Bahrain dan China. Dari laman resmi PSSI, Jordi Amat yang baru pulih dari cedera kembali dipanggil memperkuat skuad Garuda. Namun tak ada nama bek Wolverhampton Justin Hubner karena sedang mengalami cedera.

Selain itu, dua pemain yang baru menyatakan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 30 September, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, akan mendapatkan kesempatan pertamanya membela Tim Merah Putih.

Di lini depan, penyerang Persebaya Surabaya Malik Risaldi juga akan kembali bergabung bersama timnas Indonesia. Kehadiran Malik diharapkan mampu memberikan opsi tambahan bagi STY dalam mempertajam sektor depan. Kehadiran Malik otomatis meninggalkan penyerang Timnas asal Persis Solo, Ramadhan Sananta. ant

Daftar 27 Pemain Hadapi Bahrain dan China:
Penjaga Gawang:
Ernando Ari, Nadeo Argawinata, Maarten Paes
Belakang:
Jay Idzes, Jordi Amat, Mees Hilgers, Rizky Ridho, Moh Ferarri,  Wahyu Prasetyo, Calvin Verdonk, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam, Eliano Reijnders
Tengah:
Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Ricky Kambuaya
Depan:
Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Malik Risaldi,  Rafael Struick,  Dimas Drajad, Hokky Caraka

Komentar