nusabali

Pengprov TI Datangi KONI Bali

Buntut Penunjukkan Plt Ketua TI Badung

  • www.nusabali.com-pengprov-ti-datangi-koni-bali

Saat itu diputuskan supaya KONI Badung menyelesaikan dulu di bawah. Namun belum selesai melakukan apa yang harus dilakukan, Pengprov TI Bali mendadak menunjuk Plt Ketua Umum Pengkab TI Badung.

MANGUPURA, NusaBali
Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (TI) Bali dijadwalkan mendatangi Kantor KONI Bali pada Kamis (3/9). Belum diketahui secara pasti tujuan kunjungan para pengurus tersebut. 

Namun, beredar kabar untuk mempertanyakan kebijakan KONI Badung karena ikut campur dalam menunjukkan Plt Ketua TI Daerah Gumi Keris itu. Persoalan itupun juga sudah disampaikan ke Sekertaris PB TI oleh KONI Badung.

Ketua Umum KONI Badung Made Nariana tidak memungkiri, persoalan itu sudah disampaikan ke Sekertaris Jendral PB TI, Brigjen TNI Robert D. Ndon. Dalam pemaparannya, Nariana menjelaskan persoalan mosi tidak percaya enam dojang anggota TI Badung kepada Ketua Umum TI Badung Putu Winasa sudah dibicarakan bersama Ketua Umum TI Bali.

"Saat itu diputuskan supaya KONI Badung menyelesaikan dulu di bawah. Namun belum selesai melakukan apa yang harus dilakukan, Pengprov TI Bali mendadak menunjuk Plt Ketua Umum Pengkab TI Badung," kata Nariana, menjelaskan.

Atas langkah itu, Pengurus KONI Badung tidak dapat menerima cara yang dilakukan tersebut dan tidak bersedia memberikan rekomendasi kepada Plt Ketua TI Badung yang ditunjuk sepihak oleh Pengurus Provinsi TI Bali. 

KONI Badung juga tidak mengakui berbagai kegiatan Plt Ketua TI Badung versi Pengurus Provinsi TI Bali. Saat itu, Sekjen PB TI kembali mengharapkan persoalan seperti itu selesaikan di bawah.

"Artinya KONI Kabupaten Badung memiliki wewenang menyelesaikan sesuai ketentuan dan aturan yang ada. Bahkan, pengakuan pak Sekjen, secara lisan sudah diberitahu Pengurus Provinsi TI prosesnya seperti itu dilakukan," kata Nariana lagi.

Sampai saat ini, kata Nariana, KONI Badung tidak memberikan rekomendasi kepada Plt Ketua Pengkab TI Badung yang ditunjuk Pengprov TI Bali. Malahan KONI Badung juga membuat caretaker dengan menunjuk Made Sudana, untuk menjalankan organisasi sampai dilaksanakan Muskablub TI Badung. 

Careteker Made Sudana sudah melakukan pertemuan dengan pengurus lainnya, dan segera akan melakukan Muskablub, bahkan panitia untuk itu sudah dibentuk. 

"Kami melakukan konsolidasi anggota KONI Badung sesuai dengan AD/ART KONI saja. Tidak lain dari itu. Bahkan Tindakan kami sudan dibenarkan Bidang Hukum dan Etika KONI Bali," tegas Nariana.

Atas langkah KONI Badung itu, Pengprov TI Bali dijadwalkan akan bertemu dengan KONI Bali. Namun, untuk detail pertemuan itu menindak lanjuti keputusan KONI Badung atau tidak, ini yang masih menunggu pertemuan yang dijadwalkan pada Kamis (3/10). Nariana melanjutkan, Bidang Hukum dan Etika KONI Bali Fredrik Billy bahkan sudah menilai yang dilakukan KONI Badung soal kisruh salah satu anggotanya yakni TI Badung sudah benar. 

"KONI Badung yang berhak memberikan rekomendasi. Tanpa rekomendasi KONI Kabupaten, Pengprov TI tidak dapat melakukan sesuatu terhadap Pengkab TI yang ada di Kabupaten. Pengprov hanya wajib memberikan Surat Keputusan (SK), sebab dalam membina atlet sehari-hari adalah Pengkab yang terkait dengan KONI Kabupaten," tegas Nariana sebagaimana yang disampaikan Fredrik Billy. dar

Komentar