nusabali

IPSI Buleleng Jaring 28 Pesilat Hadapi Porprov 2025

  • www.nusabali.com-ipsi-buleleng-jaring-28-pesilat-hadapi-porprov-2025

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 28 atlet silat Buleleng akan mewakili daerahnya pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2025. Para pesilat itu terpilih dalam seleksi via kejuaraan Road to Porprov di GOR Buana Patra, Singaraja, Rabu (2/10). Mereka akan turun pada empat kategori dalam ajang dua tahunan Provinsi Bali itu.

Ketua Harian IPSI Buleleng, I Dewa Made Susastra Ginata menerangkan kalau kejuaraan itu dilaksanakan untuk menyeleksi atlet potensial dalam mewakili Buleleng di Porprov 2025. Menurut dia, seleksi sejak dini untuk atlet ke Porprov itu bagian dari upaya mempersiapkan para atlet agar bisa lebih matang nantinya. 

"Kejuaraan ini memang seleksi untuk mendapatkan tiket menuju Porprov 2025. Ini adalah kesempatan bagi para atlet untuk menjadi yang terbaik dalam kejuaraan yang dilaksanakan sejak 29 September -2 Oktober ini," terang Dewa Susastra, Rabu (2/10).

Dalam kejuaraan itu, Made Susastra mengaku menjaring 28 atlet potensial. Jumlah tersebut sesuai kuota KONI untuk Cabor Silat. Dirincikan, dari 28 atlet ada 16 atlet turun di kategori laga, dua atlet seni tinggal, dua atlet ganda dan enam atlet beregu. Semuanya atlet yang turun pada kategori itu sudah mengantongi tiket Porprov. 

"Semua atlet memiliki potensi, tapi kami memilih yang terbaik. Karena ini akan mewakili Buleleng nantinya," sebut Dewa Susastra.

Setelah menjaring 28 atlet itu, mereka akan dilatih dan ditempah kedepannya sebelum benar-benar turun pada Porprov. Selain itu, pihaknya akan mengevaluasi setiap perkembangan persiapan mereka nantinya. Dia juga tidak memungkiri dengan terpilihnya puluhan atlet itu diharapkan menjadi langkah awal bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan masing-masing. 

"Pada kejuaraan Road to Porprov ini diikuti 128 pesilat dari berbagai perguruan. Namun, yang terpilih hanya 28 atlet sesuai dengan kuota. Mereka ini lah yang nantinya ditempah dan dilatih kempuannya lagi agar bisa bersaing di Porprov," pungkas Dewa Susatra.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja mengapresiasi atas kejuaraan yang digelar IPSI Buleleng ini. Apalagi menjaring atlet menuju Porprov. Menurut dia, penjaringan sejak dini sangat diperlukan, sehingga memiliki waktu untuk diasah kemampuan mereka ke depannya. 

"Tentunya kita sangat mendukung penuh. Lebih cepat lebih baik, karena nantinya akan ada waktu banyak untuk melatih para atlet serta meningkatkan kemampuan mereka. Saya berharap Cabor lainnya juga segera menggelar kejuaraan," harap Wiratmaja.dar

Komentar