nusabali

Bawa 39 Atlet, Bali Targetkan Sembilan Besar di Peparnas

  • www.nusabali.com-bawa-39-atlet-bali-targetkan-sembilan-besar-di-peparnas

JAKARTA, NusaBali - Kontingen Peparnas Bali, yang berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Selasa (1/10) siang, pukul 11.00 WIB. Dengan 39 atlet, Bali mematok target masuk sembilan besar pada Perpanas kali ini.

Kontingen Bali menjadi bagian dari berbagai daerah yang berdatangan untuk mengikuti Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 pada 6-13 Oktober 2024. 

Ketua National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Provinsi Bali, I Gede Komang Darma Wijaya menjelaskan, pihaknya membawa 39 atlet dan 23 ofisial pada Peparnas kali ini. Menurutnya, ada beberapa keuntungan yang dirasakan Bali karena perpindahan tuan rumah ke Kota Solo.

“Kami sangat beruntung dan bangga, karena Kota Solo ini kota paling ramah disabilitas di seluruh Indonesia. Yang kedua, jarak dari Denpasar ke Solo relatif lebih pendek ketimbang ke Medan. Jadi, kami bisa menghemat pengeluaran untuk tiket,” ujar I Gede Komang Darma Wijaya, Rabu (2/10).

Darma Wijaya menegaskan, NPCI Bali mematok target sembilan besar pada kali ini. Target tersebut, lebih baik dari edisi sebelumnya di Papua. Saat itu, Bali hanya mampu menempati urutan kesebelas dengan 11 emas, 14 perak, dan 10 perunggu.

“Kami terus terang, persiapan kami menghadapi Peparnas XVII ini mepet. Pemusatan latihan hanya dua minggu. Target kami minimal menempati peringkat sembilan besar. Namun, kami juga tidak tahu secara persis kekuatan teman-teman di provinsi lainnya,” kata Darma Wijaya.

Sementara itu, kontingen Sumut terdiri dari 99 personel, yang bertolak dari Bandara Internasional Kualanamu pada pukul 05.30 WIB. Setelah transit di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, mereka mendarat di Bandara Adi Soemarmo pukul 10.00 WIB.

Ketua Rombongan Kontingen Sumut, Suprayitno, merasa bersyukur perjalanan kloter pertama ini berjalan lancar dari awal keberangkatan hingga kedatangan. Selanjutnya, kloter kedua dari Provinsi Sumut yang membawa 69 personel dijadwalkan tiba pukul 15.10 WIB.

Suprayitno merasa antusias dengan kesiapan Kota Solo sebagai tuan rumah Peparnas XVII ini. Menurutnya, pelayanan serta ketersediaan sarana dan prasarana di Kota Bengawan sangat baik. Pada Peparnas XVII Solo 2024 ini, Provinsi Sumut memasang target finis di peringkat lima besar. k22

Komentar