nusabali

KPU Tabanan Rakit Kotak Suara Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-rakit-kotak-suara-pilkada-2024

TABANAN, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan mulai melaksanakan perakitan kotak suara untuk Pilkada Serentak 2024. Sekitar 1.720 kotak suara rencananya bakal dirakit sebelum didistribusikan ke TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Informasi yang dihimpun NusaBali, Rabu (2/10) untuk perakitan kotak suara tersebut, KPU Tabanan mempekerjakan 20 orang tenaga dengan upah Rp 1.800 per kotak suara. Perakitan lebih awal ini untuk memastikan lancarnya logistik jelang pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang.

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra menegaskan perakitan sudah mulai dilakukan sejak Selasa (2/10) lalu. “Kami pekerjakan 20 orang tenaga untuk perakitan kotak suara,” ujar Suwitra, Rabu. 

Menurutnya, perakitan kotak suara ini sekaligus dilakukan penyortiran. Hasilnya ada 6 kotak suara yang rusak. Lima di bagian kabel ties, dan satu di bagian jendela kotak. “Kotak suara yang ditemukan rusak akan segera ditukar dengan yang baru ke penyedia,” ujar Suwitra.

 Disebutkan Suwitra setelah selesai dirakit, kotak suara tersebut akan disimpan di gudang logistik KPU hingga waktu pemungutan suara tiba. “Kotak suara ini disimpan di gudang logistik disesuaikan dengan perlengkapan lainnya yang juga tengah dalam proses pengiriman, seperti bilik suara, tinta, dan segel kertas,” tegas Suwitra. 

Untuk keamanan, gudang logistik ini dijaga ketat oleh pihak kepolisian, yang juga didukung oleh tenaga pengamanan internal dari KPU. Pengamanan ketat ini diharapkan dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama masa penyimpanan logistik Pilkada. “Kami dan polisi siaga dalam hal pengamanan gudang,” tandas Suwitra. des

Komentar