nusabali

Puluhan Orang Ikuti Seleksi Calon Notaris

  • www.nusabali.com-puluhan-orang-ikuti-seleksi-calon-notaris

Seleksi diawali dengan CAT yang terdiri dari 50 soal, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan essay terkait tata cara pembuatan akte dengan waktu pengerjaan 4 jam.

MANGUPURA, NusaBali
Dalam rangka mewujudkan notaris yang profesional, jujur, dan berintegritas di seluruh wilayah Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Pengangkatan Calon Notaris 2024. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak pada Rabu (2/10) di 35 titik lokasi Kantor Regional I-XIV dan Unit Pelaksanan Teknis BKN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada wilayah kerja Kemenkumham Bali, CAT Seleksi Pengangkatan Calon Notaris 2024 ini diselenggarakan bertempat di Kantor Regional X BKN Denpasar. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Bali Pramella Yunidar Pasaribu didampingi Kepala Divisi Administrasi Mamur Saputra, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Rahendro Jati, jajaran BKN X Denpasar. Adapun jumlah pesera yang mengikuti selesai tercatat 99 orang.

Kakanwil Kemenkumham Bali Pramella Yunidar Pasaribu, mengatakan seleksi ini bertujuan untuk melihat kemampuan para calon notaris untuk nantinya dapat ditentukan layak atau tidaknya diangkat sebagai notaris. “Seleksi akan diawali dengan CAT yang terdiri dari 50 soal, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan essay terkait tata cara pembuatan akte dengan waktu pengerjaan selama 4 jam,” ujar Pramella.

Pramella berharap agar para calon notaris mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki dalam menyelesaikan segala persoalan yang diberikan. “Seleksi ini adalah momen bagi para calon notaris untuk menunjukkan kompetensi dan mempertanggungjawabkan pendidikan yang telah ditempuh,” katanya sembari berharap seleksi ini dapat menghasilkan notaris-notaris yang berkualitas dan profesional.

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo R Muzhar yang hadir secara virtual pada kesempatan ini berpesan kepada seluruh calon notaris yang mengikuti seleksi tersebut agar tidak tergiur dan percaya kepada oknum-oknum yang mengiming-imingi dapat membantu kelulusan. “Kunci keberhasilan adalah upaya saudara sendiri. Jadilah calon notaris yang jujur, profesional, dan menjunjung tinggi integritas,” pesan Cahyo.

Diatakan, dengan diberlakukannya CAT pada Seleksi Calon Notaris Tahun 2024 menunjukan semakin tingginya standar yang ditetapkan dalam menghasilkan notaris-notaris yang berkualitas dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pentingnya keberadaan notaris yang profesional untuk menjaga kepastian hukum dan memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat. 7 asa

Komentar