nusabali

Masjid Jami' Safinatussalam Pegayaman Juara 1 Nasional Masjid Bersejarah

  • www.nusabali.com-masjid-jami-safinatussalam-pegayaman-juara-1-nasional-masjid-bersejarah

SINGARAJA, NusaBali - Kegembiraan menyelimuti umat Muslim di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Masjid Jami' Safinatussalam Pegayaman berhasil meraih prestasi membanggakan dengan menyabet juara 1 pada ajang Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (AMPeRa) tingkat Nasional untuk kategori Masjid Bersejarah Percontohan.

Pengumuman juara lomba tersebut dilaksanakan dalam Malam Anugerah AMPeRa 2024 dan International Symposium on Innovative Masjid (ISIM) 2024 di Hotel Swiss-Belhotel Solo, Jawa Tengah, Selasa (1/10) malam. Ketua Takmir Masjid Jami’ Safinatussalam Pegayaman, H Rabihuddin, menerima penghargaan tersebut yang diserahkan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Prof H Kamaruddin Amin.

“Sebagai ketua pengurus, saya terharu atas prestasi ini. Prestasi ini bisa kami raih berkat persatuan dan kerja keras serta dedikasi yang luar biasa, tidak kenal lelah dari sahabat-sahabat pengurus Masjid Jami’ Safinatussalam,” ujar Rabihuddin, dihubungi, Rabu (2/10) pagi.

Ia mengucapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi tersebut. Pencapaian diharapkan menjadi motivasi untuk terus menjaga dan memajukan masjid ke depannya.

Adapun Masjid Jami’ Safinatussalam Pegayaman diperkirakan didirikan pada tahun 1650. Pendirian masjid ini tak terlepas dari cerita perekrutan prajurit muslim oleh Raja I Gusti Anglurah Panji Sakti. Raja Buleleng itu merekrut pasukan tersebut untuk menguasai Blambangan. Pasukan itu kemudian menempati wilayah yang menjadi cikal bakal Desa Pegayaman.

Dalam ajang AMPeRa, Masjid Jami’ Safinatussalam Pegayaman masuk nominasi tiga besar untuk kategori Masjid Bersejarah Percontohan. Dua masjid lain yang terpilih yakni Masjid Agung Manonjaya Jawa Barat, dan Masjid Syuhada DI Yogyakarta.

Dalam AMPeRa yang digelar Kementerian Agama RI ini ada tiga masjid di Bali yang masuk nominasi. Untuk kategori Masjid Bersejarah Percontohan diwakili Masjid Jami’ Safinatussalam Pegayaman. 

Untuk kategori Masjid Agung Percontohan, Bali diwakili Masjid Ibnu Batutah, Nusa Dua, Badung. Sementara Masjid Al-A’la Gianyar mewakili Bali dalam nominasi Masjid Ramah Anak dan Lansia.7mzk

Komentar