nusabali

KPU Bali Gelar Tiga Kali Debat Pilgub

Ditawarkan Konsep Paruman, Disiapkan Enam Tema

  • www.nusabali.com-kpu-bali-gelar-tiga-kali-debat-pilgub

Dalam pertemuan dengan paslon, akan menyampaikan mulai konsep acara dan materi debat, tata tertib dan mekanisme debat hingga siapa menjadi moderator

DENPASAR, NusaBali 
KPU Bali menyampaikan konsep debat Pilgub Bali 2024 masih akan dibahas dan dimatangkan dengan kedua tim pemenangan kedua pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub), yakni nomor urut 1 Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) dan nomor urut 2 Wayan Koster-Giri Prasta (Koster-Giri). Rencananya debat dilakukan sebanyak tiga kali secara berpasangan. 

Komisioner KPU Bali, I Gede John Darmawan mengatakan pihaknya masih menawarkan konsep debat menyerupai paruman di desa adat kepada kedua paslon. Meski demikian, keputusan akan diambil setelah melakukan pertemuan dengan tim pemenangan. “Debat dilakukan tiga kali, berpasangan. Paruman masih wacana, konsepnya belum kita bahas dengan paslon,” ujar John Darmawan, Kamis (3/10).  John mengatakan pihaknya mengajukan konsep paruman sebagai bentuk kearifan lokal Bali. 

Paruman yang dilakukan di balai banjar atau balai desa dilakukan dengan suasana teduh kekeluargaan berbanding terbalik dengan debat Pemilu atau Pilkada yang selama ini cenderung panas. “Kita bicara dengan proses diskusi yang baik, ide awalnya seperti itu,” ujar mantan Ketua KPU Kota Denpasar ini. Dalam konsep paruman nanti, kata John, kedua paslon masih dapat membawa para pendukung meski dalam jumlah yang terbatas. 

“Pendukung ada dalam artian tidak hanya paslon datang berdua, pembatasan undangan lah ya, tim kampanye, dan pendukung hore-hore itu yang tidak, hanya paslon dengan tim saja,” ujar John. John menegaskan, pihaknya akan segera memantapkan rencana debat paslon sebelum melakukan pertemuan dengan pihak kedua paslon. Dia berharap konsep paruman mendapat respons positif dari kedua paslon, namun ia tetap terbuka dengan keputusan peserta.

Dalam pertemuan dengan pihak paslon, KPU Bali akan menyampaikan mulai konsep acara dan materi debat, tata tertib dan mekanisme debat hingga siapa yang akan ditunjuk menjadi moderator. Dalam hal penentuan jadwal debat, KPU Bali juga sedang menyelaraskan dengan kabupaten/kota untuk memastikan tidak ada jadwal berbenturan sehingga seluruh masyarakat dapat menyaksikan di layar kaca.
“Besok dibahas internal kami untuk menunjuk tim perumus, siapa yang menjadi panelis dan moderator, setelah itu kami undang paslon tim kampanyenya rapat bersama persiapan debat dan 22 Oktober sudah rapat teknis dengan penyedia televisi,” kata John.

John mengungkapkan, debat Pilgub Bali 2024 rencananya akan digelar pada 23 Oktober, 6 November, dan 20 November 2024 dengan mengambil tempat di Kota Denpasar. KPU Bali menyiapkan enam tema. Adapun tema Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah pada debat pertama. Pada debat kedua tema Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Menyelesaikan Persoalan Daerah, dan debat terakhir tema Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Nasional dan Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan. “Materi ada enam tema, tapi ada penggabungan karena tiga kali debat,” ucap John. 7 

Komentar