nusabali

Bambang Pacul ‘Korea’ Jadi Wakil Ketua MPR

  • www.nusabali.com-bambang-pacul-korea-jadi-wakil-ketua-mpr

JAKARTA, NusaBali - Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra terpilih sebagai Ketua MPR RI masa bakti 2024-2029.

Muzani terpilih setelah para anggota MPR RI yang hadir dalam Rapat Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Kamis (3/10) sepakat dia menempati posisi Ketua MPR RI. Sedangkan untuk wakil-wakil ketua MPR, dari Fraksi PDIP adalam Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Fraksi Golkar Kahar Muzakir, Fraksi NasDem Lestari Moerdijat, Fraksi PKB Rusdi Kirana, Fraksi PKS Muhammad Hidayat Nur Wahid, Fraksi PAN Eddy Dwiyanto Soeparno, dan Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Sedangkan Wakil Ketua MPR dari kelompok DPD RI terpilih Abcandra Muhammad Akbar Supratman. 

"Rapat gabungan sudah menyepakati Ketua MPR RI Periode 2024-2029 adalah Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra. Apakah hasil rapat gabungan yang menetapkan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI disetujui?," ujar Pimpinan Sementara MPR RI, Guntur Sasono menanyakan kepada para Anggota MPR RI yang mengikuti Rapat Paripurna. Semua anggota yang hadir pun kompak menjawab setuju. 

Ketua MPR RI dari PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul saat diwawancarai mengaku partainya menugaskan-nya secara tiba-tiba untuk menjadi perwakilan Fraksi PDI Perjuangan sebagai pimpinan MPR RI periode 2024-2029. "Saya juga tidak tahu, tiba-tiba ditugasin," kata Bambang Pacul usai menghadiri Sidang Paripurna MPR RI Ke-3 dengan agenda pelantikan Pimpinan MPR RI periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dia menyebut penugasannya untuk menjadi perwakilan Fraksi PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua MPR RI 2024-2029 telah ditandatangani oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. "Yang tanda tangan Bu Mega sama Pak Sekjen," ucap politisi senior PDIP yang terkenal ucapan ‘Korea’ ini. 

Dia pun memastikan akan menggeser fokus pada ranah yang menjadi lingkup bidang MPR dari bidang cakupan Komisi III DPR RI yang pada periode sebelumnya ia pimpin.

"Ya, kan sudah pasti beda fokus-nya. Jadi geser lah pasti. Geser ke situ, ke MPR," kata dia. Sebelumnya, Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut alasan Bambang Wuryanto diusulkan fraksi partai-nya sebagai pimpinan MPR RI periode 2024-2029 karena pengalamannya yang mumpuni di DPR RI.

"Ya, itu hak partai yang kemudian memilih Pak Bambang Pacul buat PDIP. Beliau adalah salah satu tokoh di PDIP yang sudah berkiprah lama sekali, sudah mumpuni di DPR, sudah banyak pengalaman," kata Puan usai menghadiri Sidang Paripurna Ke-3 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senayan, Kamis. 7 k22, ant

Komentar