nusabali

Anak Kampung yang Kini Owner Rentcar di Kuta

I Gusti Putu Agustina Maxiawan (Ajik Raka)

  • www.nusabali.com-anak-kampung-yang-kini-owner-rentcar-di-kuta

MANGUPURA, NusaBali - Di tengah persaingan ketat usaha persewaan mobil (rentcar) di Bali, khususnya, di kawasan Kuta, nama PT Dana Merta Indonesia menjadi salah satu rentcar yang masih eksis hingga sekarang.

Menariknya, sang Owner adalah anak kampung asal Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Jembrana. Dia adalah I Gustu Putu Agustina Maxiawan yang akrab dipanggil Ajik Raka.

"Sebelum seperti sekarang ini, saya bekerja dengan orang lain. Nah, setelah saya bertemu pasangan (istri), saya mencoba buka usaha rentcar ini," ujar Ajik Raka saat berbincang dengan NusaBali di kantor sekaligus gudang mobilnya di Jalan Uluwatu II, Gang Tambaksari No 8, Jimbaran, Kuta Selatan.

Diakui Ajik Raka ini, makin berkembang usaha rentcar yang dikelolanya ini tak lepas juga dari tangan dingin sang istri, Shara Qurbani Kholik.

"Kami berkolaborasi bahu membahu dalam mengelola usaha ini, kebetulan sang istri mempunya banyak jaringan dan ilmu marketing sehingga, astungkara kami bisa tetap eksis sampai sekarang ini," ucapnya seraya menyebut mempunyai pelanggan tetap seperti dari Kementerian dan perusahaan-perusahan dari luar kota yang menggelar acara di Bali. "Selain itu tentu saja, kami juga memiliki pelanggan tamu lokal (domestik), " imbuh pria 36 tahun ini.

Ajik Raka juga mengakui sempat terpuruk saat pandemi Covid sekitar tahun 2020, kini usaha rentcar yang sudah berdiri sekitar 12 tahun silam itu semakin berkembang dengan mengelola puluhan unit mobil berbagai tipe.

"Jujur aja, saat Covid usaha saya sempat  terpuruk, ya bisa dikatakan saya punya satu unit mobil saat itu. Astungkara, sekarang kami kini mengelola hampir 60 unit mobil dari berbagai macam tipe mulai kelas menengah keatas seperti Reeborn, Alpard, hingga kelas biasa seperti Avanza, Brio, Agya dan yang lainnya," kata Ajik Raka yang menyebut untuk mempromosikan usahanya mulai dari mulut ke mulut hingga ke media sosial.

Untuk diketahui, selain mengelola usaha rentcar, Ajik Raka juga dikenal aktif di organisasi massa (ormas). Dia tercatat sebagai Ketua Korlap Baja Laskar Bali Shanti di Jimbaran, sementara sang istri Sara merupakan Ketua Srikandi DPC Badung ormas tersebut. "Kami berdua masuk pengurus ormas juga untuk mencari jaringan karena usaha rentcar yang kami kelola ini bisa berkembang tak lepas juga dari jaringan yang kami miliki," pungkas bapak dua anak ini. 7 isu

Komentar