nusabali

Hadapi Porprov Bali 2025, KONI Gianyar Test Fisik Atlet

  • www.nusabali.com-hadapi-porprov-bali-2025-koni-gianyar-test-fisik-atlet

GIANYAR, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gianyar mempersiapkan diri menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2025. Persiapan itu dimulai dengan menggelar test fisik kepada ratusan atlet untuk ajang olahraga bergengsi dua tahunan di Provinsi Bali tersebut.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gianyar Dewa Gde Alit Mudiarta melalui Sekertaris Umum KONI Gianyar, Wayan Latra menjelaskan, test fisik diprioritaskan kepada atlet yang akan turun di Porprov Bali 2025. Menurut dia, tes fisik atlet Gianyar dilakukan terakhir pada 2019, maka perlu tes fisik kembali untuk persiapan Porprov Bali 2025. 

"Terakhir sudah lima tahun lalu. Maka perlu melakukan test lagi untuk mengetahui kondisi para atlet," kata Wayan Latra.

Meski yang ikut tes fisik merupakan atlet yang diprioritaskan untuk Porprov Bali, kata Latra, tidak menutup kemungkinan akan terjadi pergantian atlet jika dari hasil tes fisik yang menunjukkan hasil kurang baik. Terlebih KONI Gianyar juga akan tes fisik kembali pada 2025 sebelum Porprov. 

"Melalui tes fisik ini, kita siapkan atlet yang benar-benar siap untuk bertarung nanti. Kita juga jadikan tes ini untuk menyeleksi atlet-atlet yang layak dan mampu untuk tarung dalam Porprov Bali mendatang," papar Latra. 

Kalau memang dari hasil test masih kurang, maka akan diganti karena akan melakukan tes ini dua kali. Untuk tes fisik atlet melibatkan tim penguji dari Universitas Pendidikan Ganesa Singaraja yang mengacu pada 9 indikator, seperti kekuatan, daya tahan, kelincahan, kelenturan, keseimbangan, daya ledak, kecepatan, reaksi dan akurasi. 

"Ada banyak indikator yang dinilai dalam test ini. Kalau untuk test pertama itu sudah kita lakukan sejak akhir Agustus lalu. Nanti akan ada test lagi sebelum ke Porprov," tegas Latra

Latra berharap, dengan test fisik itu, pihaknya mengetahui kondisi para atlet yang bertanding di ajang dua tahunan tersebut. Karena dengan kondisi fisik yang baik, bisa memberikan hasil terbaik pada Porprov. "Harapannya kondisi atlet kita semakin baik dan bisa meraih hasil positif pada Porprov Bali mendatang," harap Wayan Latra. dar

Komentar