nusabali

Kodam IX/Udayana Gelar Ziarah Nasional di TMPN Pancaka Tirta

  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-gelar-ziarah-nasional-di-tmpn-pancaka-tirta
  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-gelar-ziarah-nasional-di-tmpn-pancaka-tirta

TABANAN, NusaBali.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada 5 Oktober mendatang, Kodam IX/Udayana menggelar Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Pancaka Tirta, Tabanan, Jumat (4/10/2024).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) IX/Udayana Brigjen TNI Hartono, dan diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan yang gugur dalam perjuangan membela bangsa dan negara. Acara dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di makam para pahlawan, yang diikuti seluruh peserta ziarah dengan iringan lagu "Gugur Bunga".

Para peserta ziarah tampak khidmat selama prosesi berlangsung, menampilkan rasa cinta dan hormat yang mendalam kepada para pahlawan. Ziarah ini juga bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Diharapkan semangat perjuangan mereka dapat terus menginspirasi dalam menjalankan tugas dan pengabdian TNI.

Kegiatan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan HUT ke-79 TNI, yang akan diisi dengan berbagai kegiatan lainnya. Peringatan ini menegaskan komitmen TNI dalam menjaga keutuhan NKRI dan memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, sejalan dengan tema HUT TNI tahun ini: "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju".

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Kodam IX/Udayana, yang mencakup berbagai satuan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

"Pengorbanan para pahlawan adalah teladan bagi kami untuk menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, demi kemajuan dan keutuhan NKRI. Kegiatan ini tidak hanya sebatas seremoni, tetapi juga menjadi pengingat bagi seluruh prajurit TNI untuk terus melanjutkan perjuangan para pendahulu dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Kolonel Agung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakapolda Bali, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, para Pamen Ahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para asisten Kasdam IX/Udayana, LO TNI AU, LO TNI AL, para Dansat/Kabalakdam IX/Udayana, Forkopimda Kabupaten Tabanan, serta Wakil Ketua dan pengurus Persit KCK Daerah IX/Udayana.

Komentar