nusabali

Mengguncang Panggung Internasional, Ni Ketut Permata Juliastrid Sari Winner Miss Cosmo 2024 dan Miss Cosmo Beauty Icon 2024

  • www.nusabali.com-mengguncang-panggung-internasional-ni-ketut-permata-juliastrid-sari-winner-miss-cosmo-2024-dan-miss-cosmo-beauty-icon-2024

HO CHI MINH,  NusaBali.com - Paras Ayu perempuan Bali mengguncah panggung ajang kecantikan dunia Miss Cosmo 2024. Malam yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba ketika Ni Ketut Permata Juliastrid Sari, akrab disapa Tata, melenggang ke atas panggung Grand Final Miss Cosmo 2024 di Ho Chi Minh, Vietnam pada Sabtu (5/10) malam. Dalam ajang bergengsi ini, Tata berhasil meraih mahkota ‘Impactful Crown’ dan menjadi perwakilan pertama dari Yayasan Puteri Indonesia (YPI) yang memenangkan titel tersebut. T

Setelah dinyatakan sebagai pemenang, Tata mengungkapkan rasa syukurnya kepada seluruh hadirin.



“Tidak sejuta ucapan terima kasih dapat mengungkapkan perasaan saya. Saya tidak akan membuat kalian bosan dengan ucapan terima kasih yang akan saya kirimkan kepada tim saya malam ini. Dapat dikatakan bahwa malam ini kita semua adalah pemenang. Mungkin ada satu mahkota, tetapi ada 58 pemenang, gadis-gadis yang tidak berhasil hadir di sini malam ini. Kalian juga adalah pemenang,” ungkap Tata terharu.



Keberhasilan Tata tidak terlepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh Yayasan Puteri Indonesia dan para penggemar pageant. Ini adalah kali pertama YPI dan Mustika Ratu mengirimkan perwakilan mereka ke ajang Miss Cosmo. Selain itu, keluarga Tata, termasuk ayah, ibu, dan kakak perempuannya, juga hadir untuk memberikan dukungan langsung. Tampak tampil pula Adinda Cresheilla 3rd RU Miss Supranational 2022 di red carpet finall Miss cosmo.



Perjalanan Perempuan asal Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar menuju babak final diawali dengan penampilan menawan di pembukaan acara, di mana ia dipanggil pada urutan ketiga saat top 21. Tata kemudian tampil memukau dalam swimsuit round competition dan berhasil melenggang ke Top 10, di mana ia dipanggil sebagai kontestan pertama. Di babak evening dress, Tata mengenakan gaun hitam elegan karya Maisonmet dan metychoaofficial yang semakin mempertegas pesonanya. Ketegangan memuncak ketika namanya dipanggil sebagai salah satu dari Top 5. Kemudian disusul oleh Romina Lozano dari Peru, Mook Karnruethai dari Thailand, Samantha Elliott dari USA, dan Bui Xuan Hanh dari Vietnam. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh juri. Ketika ditanya bagaimana perasaanmu saat ini, tata menjawab gembira, tetapi sangat gugup.



“Aku senang aku punya teman sekamar di sini bersamaku (Miss Cosmo Vietnam),” ungkap Tata.



Saat sesi tanya jawab, mahasiswi jurusan fashion desain, Institut Desain dan Bisnis Bali ini pun menjawab pertanyaan dengan percaya diri dan jelas, menunjukkan keahlian dan kepeduliannya terhadap isu-isu sosial. Tata mendapat pertanyaan dari Vietnam’s Former Deputy Minister of Foreign Affairs Former Ambassador of Vietnam to the United States, Pham Quang Vinh.



“Miss Cosmo 2024 adalah pasien kecantikan. Itu tidak hanya menekankan kecerdasan dan kecantikan, tetapi juga bertindak secara berkelanjutan. Kata berkelanjutan, apa kontribusimu terhadap masyarakat yang berkelanjutan?” ujar Pham Quang Vinh.



Tata mengaku mendengar pertanyaannya dengan sangat baik dan dia menjawab dengan tegas dan lancar serta tanpa keraguan kurang dari 60 detik.



“Aku dibekali dengan semua keahlian sebagai Putri Indonesia Pariwisata, aku punya advokasi dalam pariwisata berkelanjutan, di mana aku mencoba melestarikan budaya, karena aku percaya budaya adalah aspek penting agar kita menjadi diri kita yang sebenarnya. Tumbuh di Bali, aku dikelilingi oleh budaya tradisional yang kaya. Itu membuatku menjadi wanita seperti sekarang, dan aku telah bekerja dengan seniman lokal, tidak hanya memberikan peluang ekonomi, tetapi juga memberi mereka platform bagi generasi muda untuk bangga dengan budaya mereka sendiri, seperti bagaimana aku bangga dengan budayaku sendiri. Aku orang Bali, dan aku akan terus mengatakan bahwa aku orang Bali saya bangga. Saya bangga menjadi orang Indonesia, dan saya di sini untuk membuat Indonesia bangga hari ini,” jelasnya dengan percaya diri.



Setelah melewati sesi tanya jawab, perempuan kelahiran 12 Juli 2003 ini kembali melenggang pada Top 2 bersama Miss Cosmo Thailand, Mook Karnruethai Tassabut. Pada babak terakhir yakni babak Sanggahan. Setiap babak mencakup waktu 90 detik untuk mempresentasikan 45 detik bagi kontestan lawan untuk mengajukan pertanyaan sanggahan dan diikuti dengan 60 detik untuk menjawab. Lagi-lagi tata menjawab pertanyaan pada sesi pertama. Uniknya, pada top 2 Miss Cosmo 2024, dua perwakilan mendapat pertanyaan yang sama dan mendapat kesempatan untuk melemparkan pertanyaan kepada lawan. Beruntungnya, tata dapat menjawab pertanyaan yang dilemparkan oleh Miss Cosmo Thailand, Mook Karnruethai dengan baik.



Dalam sesi tanya jawab yang menantang, Tata ditanya tentang kontribusinya terhadap masyarakat berkelanjutan. Dengan tegas, ia menjelaskan program yang akan dilakukannya, yang berfokus pada pengurangan sampah plastik di lautan. Tata berencana untuk mengajarkan para perajin lokal membuat kerajinan dari limbah plastik, menggabungkan pendidikan dengan kesadaran lingkungan.



“Proyek saya, yang disebut menciptakan masa depan yang berkelanjutan, di mana saya akan meminta para perajin lokal untuk datang ke lokakarya saya, di mana kami akan disediakan, tentu saja, oleh organisasi Miss Cosmo, karena kesadaran mereka terhadap lingkungan kita, saya akan mengajari mereka cara membuat kerajinan tradisional menggunakan limbah plastik, menggunakan limbah yang kita buang ke planet kita setiap hari karena kita hanya memiliki satu planet dan kita perlu menjaganya,” tuturnya.



“Di setiap produk, kalian akan mendapatkan kode QR tempat kalian dapat melacak perjalanan setiap plastik yang kalian daur ulang dengan cara itu. Saya tidak hanya mengurangi plastik, saya juga mendidik kalian semua tentang bagaimana kita dapat mengelola limbah kita dan bagaimana kita dapat membantu dunia kita hanya dalam beberapa menit,” tambahnya.



Malam itu diakhiri dengan pengumuman pemenang, di mana Tata tidak hanya keluar sebagai pemenang utama, Pemenang Miss Cosmo Pertama, tetapi juga meraih penghargaan Miss Cosmo Beauty Icon. Keberhasilannya merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi yang dimulainya sejak karantina pada 12 September 2024, dengan rangkaian aktivitas di tujuh kota tujuan wisata di Vietnam yakni Hanoi, ⁠Ninh Binh, ⁠Bao Loc, ⁠Da Lat, ⁠Quy Nhon, ⁠Long An, dan ⁠Ho Chi Min. Grand final akan diselenggarakan di Phu Tho Stadium, Ho Chi Min, Vietnam.



Tata sebelumnya juga berkompetisi di ajang Puteri Indonesia Bali 2024 pada 27 januari 2024. Kemudian mewakili Bali pada ajang Puteri Indonesia 2024 di Jakarta pada 8 Maret 2024 dengan predikat Puteri Indonesia Pariwisata dengan posisi Runner-Up 2 pada saat itu. Dengan berbagai prestasi yang diraih, Tata membuktikan bahwa kecantikan sejati bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga tentang bagaimana seseorang dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat. *ol3

Komentar