nusabali

222 Pohon Ramaikan Pamlok Bonsai Mania

  • www.nusabali.com-222-pohon-ramaikan-pamlok-bonsai-mania

GIANYAR, NusaBali - Sebanyak 222 pohon bonsai tampil adu keindahan dalam ajang pameran lokal (Pamlok) Bonsai Mania (Bosman), Kamis (3/10) di Jaba Pura Agung Batan Bingin,  Desa Pejeng Kawan, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar.

Pameran bertajuk Road To Aspac memacu semangat peserta dari berbagai daerah di Bali bahkan luar Bali.
Mereka menampilkan pohon terbaiknya agar nantinya bisa tampil dalam Aspac Bulan Juli 2025 mendatang.

Ketua Panitia Kontes Bonsai Gusti Ngurah Maedi Putra menuturkan kontes bonsai dimulai sejak tanggal 28 September hingga 3 oktober 2024.

" Kontes ini dimulai tanggal 28 dan 29 dilakukan penerimaan pohon, dilanjutkan dengan penjurian tanggal 30 dan  31 dan penancapan bendera tanggal 1 Oktober, hari ini kita melakukan penutupan dengan pengundian serta pemberian plakat kepada peraih best ten," tuturnya.

Kelanjutan Pamlok Bosman kali ini ada 7 kelas perlombaan, mulai dari mame prospek hingga umum jadi.

" Ada 7 kelas, ada mame prospek, mame jadi, small prospek, small jadi, umum prospek umum jadi dan semi jadi, " lanjutnya.

Ditanya terkait kisaran harga bonsai yang ikut tampil dalam pamlok Bosman, Ngurah Maedi menyebut harga mulai dari jutaan bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah per pohon.

"Kalau harga bonsai bahkan ada yang ratusan juta mungkin, karena harga di penghobi itu lumayan gila. Di bursa saja penjualan bahan bonsai sudah puluhan juta," tandasnya.

Ditambahkan, tujuan dilaksanakan pameran bonsai tidak hanya ditujukan bagi penggemar  tapi juga mengedukasi dan memotivasi para penggemar baru agar lebih mengeri tentang bonsai serta menarik minat masyarakat umum dalam seni bonsai.

Salah satu peserta peraih best ten di kelas mame prospek arya kumara mengaku senang pohonnya bisa masuk best ten.

"Ya syukur bisa masuk 10 pohon terbaik di kelas mame prospek. Pohon itu saya beli 6 bulan lalu kemudian sudah dilakukan perawatan dan reposisi pohon agar bisa tampil maksimal," ucapnya bangga.

Penasihat PPBI Gianyar I Wayan Artana menuturkan bahwa dalan seni bonsai semakin tua karakter pohon akan semakin bagus penampilannya.

Dijelaskannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam dunia bonsai seperti gerak dasar pohon, tajuk penanaman, percabangan serta dimensi belakang.7nvi

Komentar