nusabali

Sebanyak 4.386 Atlet Siap Berlaga di Peparnas

  • www.nusabali.com-sebanyak-4386-atlet-siap-berlaga-di-peparnas

JAKARTA, NusaBali - Peserta Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 pada 6 Oktober mulai menjalani kegiatan di Swiss Belhotel Solo, Kamis (3/10) malam. Acara tersebut diikuti 4.386 atlet dan ofisial dari 35 provinsi.

"Saat ini, hampir semuanya sudah hadir di Kota Solo. Padahal, awalnya, 21 provinsi yang kesulitan memberangkatkan kontingennya. Namun sekarang sudah bisa hadir,” ujar Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun, Sabtu (5/10).

Menurut Senny, keikutsertaan 35 provinsi yang memiliki kepengurusan National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) menjadi sejarah baru dalam Peparnas. Pada gelaran 2021, ada 30 provinsi yang mengirimkan wakilnya ke Papua. Sedangkan Peparnas XV 2016 di Jawa Barat, ada 34 provinsi. 

Senny melayangkan apresiasi untuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Jaksa Agung Republik Indonesia, ST Burhanudin, dan Jaksa Agung Muda Intelijen Reda Manthovani, yang ikut bergerak membantu kesulitan para kontingen.

Peparnas mempertandingkan 20 cabang olahraga. Yakni, Para Panahan, Atletik, Bulu Tangkis, Boccia, Catur, Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), dan Para Tenis Meja. Lalu Judo Tunanetra, Angkat Berat, Menembak, Renang, Taekwondo, Voli Duduk, Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. 

Dua cabor lain, E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi. Pertandingan akan dimulai pada Senin (7/10), sedangkan upacara pembukaan di Stadion Manahan Solo, Minggu (6/10). k22

Komentar