nusabali

Pecco Juara MotoGP Jepang, Dekati Poin Jorge Martin

  • www.nusabali.com-pecco-juara-motogp-jepang-dekati-poin-jorge-martin

MOTEGI, NusaBali.com - Francesco ‘Pecco’ Bagnaia berhasil memperkecil selisih poin dengan Jorge Martin menjadi hanya sepuluh poin setelah mencatatkan kemenangan ganda sempurna di MotoGP Jepang 2024 di Sirkuit Motegi.

Pemenang sprint, Pecco, memimpin balapan utama sejak tikungan pertama, mengambil alih posisi dari Pedro Acosta dan tidak pernah tergeser.

Namun, Martin tetap memberikan perlawanan. Pembalap Pramac itu dengan cepat melaju dari posisi start kesebelas dan hanya berjarak lebih dari setengah detik dari Pecco di tengah-tengah balapan.

Pecco merespons dengan mempertahankan jarak dari pembalap Pramac tersebut dan mengamankan kemenangan grand prix kedelapannya musim ini, yang menjadi rekor pribadi baru bagi pembalap berkebangsaan Italia ini. Martin pun memberikan acungan jempol kepada juara bertahan itu di lap pendinginan.

Sementara itu Marc Marquez melengkapi podium di posisi ketiga, mengulangi hasilnya dari Sprint. 

Setelah terjatuh dari posisi terdepan dalam balapan Sprint, Pedro Acosta, yang mencatatkan pole position debutnya, memberikan perlawanan di awal balapan utama kepada Pecco. Namun, malapetaka kembali terjadi ketika ia tergelincir keluar dari posisi kedua pada lap ketiga.

Dengan rekan setim KTM, Brad Binder, yang melebar di tikungan yang sama, Martin mendapat keberuntungan dengan naik ke posisi kedua di belakang Pecco.

Dalam kebalikan dari balapan Sprint, Marquez harus mempertahankan posisinya dari Enea Bastianini pada paruh kedua balapan.

Bastianini kehilangan waktu berharga di awal balapan saat tertahan di belakang Brad Binder. Pembalap Afrika Selatan itu kemudian kehilangan posisi kelima dari Franco Morbidelli.

Setelah hujan mengejutkan menghentikan balapan Moto2, ketegangan meningkat di MotoGP saat sinyal 'flag to flag' - yang mengizinkan pergantian motor karena hujan - dinyalakan setelah sepuluh lap. Namun, hujan yang memicu keputusan itu segera mereda.

Alex Marquez menabrak bagian belakang motor Joan Mir pada lap pembuka, membuat keduanya terjatuh. Insiden tersebut akan ditinjau oleh FIM Stewards setelah balapan.

Semua pembalap, kecuali pahlawan tuan rumah Takaaki Nakagami - yang melakukan wheelie di garis finis pada balapan terakhirnya di kandang sendiri - mengganti ban belakang dari soft ke medium untuk balapan utama, bersama dengan ban depan hard yang diunggulkan.

Miguel Oliveira absen setelah mengalami patah pergelangan tangan kanan di Mandalika dan digantikan di Trackhouse oleh pembalap penguji Aprilia, Lorenzo Savadori.

Remy Gardner, pembalap reguler World Superbike, tampil ketiga kalinya musim ini untuk Yamaha sebagai wild-card di putaran kandang pabrik.

Perubahan aturan tekanan ban untuk tahun 2024 mewajibkan pembalap tetap berada di atas tekanan minimum ban depan 1,8 bar (sebelumnya 1,88) selama 60% (sebelumnya 50%) dari jarak Grand Prix, atau 30% dari Sprint.

Hukuman bagi yang gagal memenuhi batas minimum dalam Grand Prix adalah penalti waktu 16 detik setelah balapan, atau penalti 8 detik untuk balapan Sprint atau balapan pendek.

Setelah seri MotoGP Jepang, akan ada jeda satu akhir pekan sebelum triple flyaway kedua dimulai dengan MotoGP Australia di Phillip Island.

Komentar