nusabali

KPU Bali Klaim Semuanya Aman

Soal Kekurangan Kotak Suara di Kabupaten/Kota

  • www.nusabali.com-kpu-bali-klaim-semuanya-aman

DENPASAR,NusaBali - Ketua KPU Bali, Dewa Agung Gede Lidartawan menegaskan kekurangan kotak suara yang terjadi di kabupaten/kota untuk Pilkada 2024 bisa teratasi.

Kekurangan kotak suara yang disebabkan kerusakan maupun disebabkan selisih hitung kebutuhan bisa diatasi.

“Semua kekurangan kotak suara bisa diatasi. Yang kekurangan karena salah hitung maupun karena rusak semuanya bisa diselesaikan. Kan semua bisa diusulkan kembali kekurangannya. KPU Kabupaten/Kota dipastikan sudah pesan kekurangan ke vendor,” ujar Lidartawan dihubungi, Minggu (6/10). 

Kata Lidartawan, perhelatan Pilkada Serentak 2024 masih lama. Sehingga KPU Kabupaten/Kota masih punya waktu untuk melengkapi kekurangan logistik Pilkada 2024 untuk keseluruhan item. “Kita masih punya waktu untuk berproses, kami pastikan semuanya aman. Kita sedang berproses,” tegas mantan Ketua KPU Bangli dua periode ini.

Sementara KPU Denpasar menuntaskan perakitan kotak suara untuk Pilkada Serentak 2024. Setidaknya sebanyak 2.002 kotak suara sudah tuntas dirakit melibatkan 28 pekerja di Gedung Padepokan Perisai Diri Bali, Jalan Trengguli I, Desa Tembau, Kecamatan Denpasar Timur.

Ketua KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengatakan, pihaknya telah menerima logistik untuk Pilkada Serentak 2024 mulai 20 September 2024 lalu yakni berupa tinta untuk kebutuhan saat hari pencoblosan 27 November 2024. Logistik tersebut disimpan di Gudang KPU Denpasar, Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Denpasar.

Kemudian pada 23 November pihaknya menerima kotak dan bilik suara yang kemudian disimpan di gedung Padepokan Perisai Diri Bali. “Kami juga sudah menerima kabel ties dan segel kertas yang kami tempatkan di gudang KPU Denpasar,” ujar Sekar Anggraeni.

“Untuk kotak suara Pilkada 2024, ada sebanyak 2.002 buah atau dua kali dari jumlah TPS di Denpasar. Tempat penyimpanan logistik ini juga dijaga selama 24 jam oleh petugas. KPU Denpasar melibatkan 6 orang petugas pengamanan gudang,” ujarnya.nat, mis

Komentar