nusabali

Kunjungi Jepang, Undiksha Perkuat Kerjasama Internasional Bidang Riset dan Pendidikan

  • www.nusabali.com-kunjungi-jepang-undiksha-perkuat-kerjasama-internasional-bidang-riset-dan-pendidikan

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja terus berupaya memperkuat kerjasama internasional di bidang riset dan pendidikan.

Pada Senin (30/9) lalu, jajaran Undiksha yang dipimpin langsung oleh Rektor Prof I Wayan Lasmawan melakukan kunjungan ke Shunan University dan Kouie Elementary School di Kota Hiroshima, Jepang. 

Di Shunan University, Prof Lasmawan dan delegasi Undiksha disambut oleh Presiden Shunan University, Prof Takata beserta jajaran pimpinan universitas. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Manager Saikyo Bank Jepang yang merupakan mitra strategis Shunan University. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk memperkuat kolaborasi riset, serta memulai program international credit transfer dan double degree.

Kerjasama itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas akses mahasiswa dari kedua universitas ke program internasional. “Kami sangat antusias dengan kesepakatan ini karena dapat membuka peluang yang lebih besar bagi mahasiswa dan staf akademik untuk terlibat dalam riset kolaboratif serta memperkaya pengalaman belajar di kancah global,” ujar Prof Lasmawan, dalam keterangan yang diterima NusaBali, Minggu (6/10).

Tim Undiksha menerima undangan dari Kedutaan Besar Indonesia untuk Jepang. –IST 

Manager Saikyo Bank juga menegaskan komitmen mereka dalam mendukung kerjasama ini melalui peran aktif sebagai mitra industri. Dukungan ini diharapkan dapat memperkuat kegiatan community service serta memfasilitasi penyerapan lulusan dari kedua universitas ke dunia industri, khususnya di Jepang. 

Tim Undiksha kemudian melanjutkan mengunjungi Kouie Elementary School di Kota Hiroshima. Rombongan tim Undiksha disambut Kepala Sekolah Kouie Elementary, Dr Miwako Shinkai. Kunjungan itu untuk menginisiasi program observasi dan praktek mengajar bagi mahasiswa prodi pendidikan Undiksha. 

Prof Lasmawan menyebutkan, kedua kunjungan ini menandai langkah penting dalam upaya Undiksha untuk memperkuat jaringannya di tingkat global dan meningkatkan kompetensi lulusan melalui berbagai program kolaborasi dengan institusi pendidikan dan industri di Jepang.

Dalam rangkaian kegiatan di Jepang itu, jajaran Undiksha juga diundang oleh Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Ir Heri Akhmadi. Pada kesempatan itu, Prof Lasmawan menyampaikan kerjasama telah dilakukan oleh Undiksha dengan sejumlah perguruan tinggi kawasan Eropa, Amerika, Australia, Asia, dan Asia Tenggara. Khusus dengan Jepang, kolaborasi telah dilakukan dengan sejumlah perguruan tinggi.

Pada pertemuan itu, Dubes Heri Akhmadi menaruh harapan kepada Undiksha untuk bisa memiliki Jepang Centre yang dapat memfasilitasi pelatihan bahasa dan budaya Jepang untuk sivitas akademika dan masyarakat luas. Ia menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun masyarakat Bali yang bekerja di Jepang meningkat secara signifikan. Sehingga sangat penting bagi Undiksha bisa mengambil peran ini.

Hal itu direspon positif oleh Prof Lasmawan yang sekaligus menegaskan bahwa Undiksha sebagai institusi akademik yang berupaya memberikan pendidikan pada generasi penerus agar lebih baik. @mzk

Komentar