nusabali

Rayakan Hari Batik Internasional, Adicipta Ajak Bangga Gunakan Warisan Budaya Bangsa

  • www.nusabali.com-rayakan-hari-batik-internasional-adicipta-ajak-bangga-gunakan-warisan-budaya-bangsa

MANGUPURA, NusaBali.com - Kekayaan budaya asli Indonesia yakni batik kini telah mendunia. Bahkan berhasil masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada 15 tahun silam. Kini, setiap tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Internasional.

Merayakan Hari Batik Internasional, pasangan calon (paslon) Bupati - Wakil Bupati Badung nomor urut 2, I Wayan Adi Arnawa dan I Bagus Alit Sucipta (Adicipta) mengajak masyarakat untuk bangga mengenakan warisan budaya bangsa.

“Mari kenakan batik dan bangga produk lokal dengan cita rasa international untuk merayakan keindahan budaya Indonesia. Selamat Hari Batik International 2024,” tulis Adi Arnawa dalam akun media sosialnya sambil mengenakan jaket bermotif batik.

Hal senada juga diutarakan Bagus Alit Sucipta atau yang akrab disapa Gus Bota. “Sekarang tanggal 2 Oktober dan kita memperingati Hari Batik Internasional. Ayo bangga kita pergunakan batik,” ucapnya sembari mengenakan jaket yang sama dengan Adi Arnawa.

Dilansir dari kemdikbud.go.id, perjalanan batik menjadi warisan budaya dunia dimulai dari tahun 2008. Berdasarkan proposal File Nomination Batik Indonesia Reference No. 00170, 2009, yang diajukan ke UNESCO pada 4 September 2008, disebutkan bahwa batik Indonesia berhasil masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO (the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) yaitu badan di bawah perserikatan bangsa-bangsa yang mengurusi kebudayaan.

Kemudian pada 9 Januari 2009, UNESCO menerima pendaftaran tersebut secara resmi. Pada tanggal 11 - 14 Mei 2009 dilakukan pengujian tertutup oleh UNESCO di Paris. Hingga akhirnya pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pada naskah yang disampaikan, batik merupakan teknik menghias kain yang mengandung nilai, makna, dan simbol-simbol budaya, karena sejatinya batik adalah sebuah proses dan memiliki nilai lebih dari selembar kain bermotif.ind

Komentar