nusabali

Rangkaian Peringatan HUT Kota Tabanan Digelar Usai Pencoblosan

  • www.nusabali.com-rangkaian-peringatan-hut-kota-tabanan-digelar-usai-pencoblosan

TABANAN, NusaBali - Perayaan HUT ke- 531 Kota Tabanan tahun 2024 akan berbeda dibandingkan perayaan serupa tahun 2023. Karena masa Pilkada Tabanan, rangkaian kegiatan HUT kota akan diperpendek dan dilaksanakan usai pencoblosan Pilkada, 27 November 2024.

Puncak HUT Kota Tabanan pada 29 November 2024. Perayaan HUT Kota Tabanan tetap berjalan meskipun ada perhelatan Pilkada di Tabanan. Plt Kabag Tapem Setda Tabanan I Made Sastra Wibawa menegaskan konsep rangkaian HUT kota masih dirancang. 

Rapat belum dilakukan sehingga konsep secara detail belum bisa disebutkan. "Konsep rancangan masih kami susun dan koordinasikan," jelasnya, Senin (7/10).

Kata dia, kegiatan serangkaian perayaan HUT Kota Tabanan tetap berjalan di tengah perhelatan Pilkada. Namun rangkaian kegiatan baru mulai dilakukan usai pencoblosan. 

"Hasil dari koordinasi dengan seluruh pihak termasuk kepolisian, Bawaslu dan lainnya, sebelum pencoblosan Pilkada adalah masa tenang. Sehingga selama proses itu tidak disarankan untuk membuat kegiatan. Jadi, keputusannya rangkaian HUT kota dilakukan usai pencoblosan," bebernya.

Menurutnya, sesuai konsep awal kegiatan rangkaian HUT Kota Tabanan akan berlangsung tiga hari dan puncaknya pada 29 November 2024. "Biasanya rangkaian HUT kota ini sebelum puncak dilakukan sebulan. Tapi, sekarang hanya tiga hari," tegas Sastra Wibawa.

Serangkaian HUT kota, diakui Sastra Wibawa, Pemkab Tabanan berencana akan menggunakan seluruh fasilitas umum untuk penyelenggaran kegiatan. Seperti di Taman Bung Karno, maupun di areal Gedung Maria Tabanan. "Kami akan manfaatkan seluruh vanue yang ada untuk memeriahkan hari jadi Kota Tabanan," tegasnya.

Terpisah, Ketua Panitia HUT Kota Tabanan sekaligus Kepala Brida Tabanan I Gusti Made Darma Ariantha menegaskan rangkaian kegiatan HUT kota ini masih dikonsep. Pihaknya masih berkoordinasi dengan instansi terkait karena perayaan HUT ini berbarengan dengan perhelatan Pilkada Tabanan.

Sebelumnya diberitakan, perayaan HUT ke-531 Kota Tabanan pada 29 November 2024 tetap berlangsung meskipun dibarengi dengan hajatan Pilkada. Namun konsep dan persiapannya tengah disusun oleh panitia. 

Sekda Tabanan Gede Susila menegaskan perayaan HUT Kota Tabanan tetap berlangsung karena tidak ada hubunganya dengan hajatan politik. "Tetap akan berlangsung, konsep dan mekanisme sedang disusun," ujarnya, Jumat (27/9).

Menurutnya, sejumlah persiapan sedang dikonsepkan termasuk telah melakukan rapat persiapan. Namun final konsep dan apa saja kegiatan itu masih dilakukan koordinasi dengan tim. "Nanti yang menjadi ketua panitianya itu adalah kepala Brida," tegasnya.7des

Komentar