nusabali

Peparnas Panggung Kesetaraan Atlet Difabel

  • www.nusabali.com-peparnas-panggung-kesetaraan-atlet-difabel

JAKARTA, NusaBali - Opening Ceremoni atau upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Solo 2024 berlangsung pada Minggu (6/10) malam, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, Peparnas 2024 Solo menjadi panggung kesetaraan bagi para atlet penyandang disabilitas yang berburu prestasi pada 6-13 Oktober 2024.

Bagi Jokowi, Peparnas kali ini sangat spesial. Bahkan, dia terbang dari Ibu Kota Nusantara (IKN) menuju Kota Solo demi menghadiri secara langsung upacara pembukaan dan berjumpa dengan para peserta.

Jokowi berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap atlet disabilitas di seluruh tanah air. Selain daya juang yang luar biasa, kata Jokowi, prestasi atlet penyandang disabilitas di Indonesia juga membanggakan.

Setidaknya, hal itu dibuktikan dengan keberhasilan kontingen Indonesia dalam mencatatkan tiga kali juara umum beruntun pada ASEAN Para Games pada tahun 2017, 2022, dan 2023. Jokowi pun menyerukan semangat persaudaraan dan sportivitas bagi seluruh atlet yang bertanding di Peparnas.

"Mari bertanding dalam suasana persaudaraan dan semangat sportivitas. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih, untuk Pemkot Solo, masyarakat Jawa Tengah atas dukungan penyelenggaraan Peparnas 2024 ini,” kata Jokowi.

Upacara pembukaan disambut meriah ribuan masyarakat yang hadir secara langsung. Ribuan kursi penonton di tribun sisi utara, selatan, dan barat Stadion Manahan Solo penuh, dipadati masyarakat yang antusias menyaksikan pembukaan Peparnas. Sejak dibuka pukul 15.00 WIB, masyarakat sudah rela antri untuk masuk ke area tribun Stadion Manahan, Solo.

Penonton satu persatu masuk dengan tertib bergantian melewati gerbang pemeriksaan dan mesin metal detector. Kemudahan akses memasuki area upacara pembukaan juga didapati para penonton, khususnya bagi para penonton disabilitas. Para relawan secara sigap memberikan bantuan para penonton memasuki lokasi acara.

Salah satu penonton yang juga atlet Para E-Sport MLBB asal Bandung, Agung Ilham Santoso mengungkapkan, pembukaan Peparnas 2024 Solo cukup menarik. 

"Saya baru pertama kali ikut upacara pembukaan event olahraga nasional seperti ini. Ya ini cukup menarik, apalagi dibuka untuk umum," kata Agung Ilham.

Diakuinya, bahwa penyelenggaraan ini juga ramah bagi para kalangan disabilitas karena akses yang mudah untuk masuk ke dalam stadion. Agung menyebut meski dirinya menggunakan kursi roda, namun dipermudah dengan aksesibilitas lokasi khusus. 

Sebagai atlet, lanjut Agung, pembukaan ini menjadi semangat tersendiri menjelang penyelenggaraan turnamen. Hal ini menjadi pemicu untuk mencurahkan tenaga demi hasil terbaik di ajang ini. 

"Rasanya untuk turnamen nanti semakin ada semangat, ya berpikir positif saja supaya bisa lolos untuk babak berikutnya," kata Agung. 

Peparnas 2024 Solo sendiri mempertandingkan 20 cabang olahraga. Cabang olahraga tersebut antara lain Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja. 

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk, Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi. k22

Komentar