nusabali

Ketut Melki Masuk Pelatnas Karate

Ketua FORKI Bali Wanti-wanti Terjangkit Star Syndrome

  • www.nusabali.com-ketut-melki-masuk-pelatnas-karate

Ketut Melki punya rekam jejak cukup bagus mulai dari juara Kejurnas, meraih medali emas SEAKF Thailand, dan meraih perunggu AKF di Manila. Karena itu, Melki akan diberangkatkan di Kejuaraan Dunia di Venesia, Italia.

DENPASAR, NusaBali - Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Bali hanya mengirim satu atlet untuk mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Jakarta. Yakni Ketut Melki Candra Saputra, yang digadang-gadang tampil di ajang WKF Venesia, Italia.

Ketua Umum Pengprov FORKI Bali Sensei Armand Setiawan Wulianadi mengatakan, Bali hanya menyumbangkan satu karateka menjalani Pelatnas Kadet Junior U-21 di Jakarta. Selama Pelatnas, Sensei Armand mengaku ikut menyambangi langsung Ketut Melki untuk memberikan motivasi. 

"Pemantauan langsung ini bagian dari motivasi kepada atlet yang masuk Pelatnas," ujar Sensei Armand Setiawan. 

Menurutnya, Ketut Melki memiliki rekam jejak cukup bagus mulai dari juara di Kejurnas, meraih medali emas SEAKF Thailand dan perunggu AKF di Manila, beberapa waktu lalu. Karena meraih medali itulah, ketut Melki kembali diberangkatkan di Kejuaraan Dunia di Venesia, Italia.

"Melki memiliki catatan bagus. Berbagai kejuaraan berhasil meraih medali, maka dia dipercaya lagi ke Venesia," kata Sensei Armand lagi.

Terlepas dari rekam jejak tersebut, Sensei Armand mengingatkan pentingnya konsistensi dalam berlatih. Selama ini kelemahan Ketut Melki rentan mengalami star syndrom, sehingga dengan usianya yang masih junior, dan memiliki pengalaman event Internasional terkadang disiplin berlatih di daerah jadi berkurang. 

"Kebanyakan di Bali ini kalau atlet kena star syndrome langsung jadi stress saya. Pesan pribadi saja, kalau saya lihat banyak atlet junior di Bali yang pernah bermain di luar terkadang jadi langsung besar kepala dan jadinya malas latihan di Bali. Padahal sebenarnya kalau potensi dia di AKF semestinya bisa mendapat lebih dari perunggu," kata Sensei Armand.

Sensei Armand juga mengatakan, FORKI Bali tetap memantau karateka Bali selama tampil di berbagai event. Dia berharap makin banyak karateka Bali menghuni Pelatnas dan mengikuti jejak karateka kebanggaan Bali Cok Istri Agung Sanistyarani. 

"Kita akan terus pantau karateka Bali ke depannya. Harapannya semakin banyak ke Pelatnas seperti senior mereka, Cok Istri Agung Sanistyarani," pungkas Sensei Armand Setiawan. dar

Komentar