nusabali

Pertandingan Peparnas Digratiskan

  • www.nusabali.com-pertandingan-peparnas-digratiskan

JAKARTA, NusaBali - Para pelajar dan masyarakat di Kota Solo dan sekitarnya mendapat suguhan gratis pertandingan atlet disabilitas dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 Solo, Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Ketua Bidang Arena PB Peparnas XVII Solo 2024, Rini Kusumandari.

Rini mengatakan, penyelenggara sudah berkomunikasi dengan pemerintah daerah setempat terkait pelaksanaan Peparnas pada Senin-Minggu (7-13/10). Hal ini, agar ajang atlet disabilitas tingkat nasional tersebut dapat disaksikan langsung masyarakat umum maupun pelajar.

“Kami sudah memberikan woro-woro lewat Sekda agar Dinas Pendidikan daerah setempat mengerahkan pelajarnya melihat pertandingan. Masih kami sosialisasikan terus. Semoga pelajar dan masyarakat umum dapat menonton langsung pertandingan Peparnas ini,” ujar Rini Kusumandari.

Menurut Rini, seluruh venue pertandingan dapat diakses masyarakat umum secara gratis. Terdapat 22 venue Peparnas XVII yang tersebar di empat daerah yakni Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Boyolali. Sebanyak 16 venue di antaranya berada di Kota Bengawan. 

“Semua boleh menonton, tanpa tiket alias gratis,” tutur perempuan yang juga Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Solo ini.

Ajang Peparnas XVII Solo 2024 bisa dibilang memantik antusiasme luar biasa dari peserta. Hingga Minggu pagi, tercatat sebanyak 4.632 atlet dan ofisial dari 35 kontingen telah hadir untuk mengikuti kejuaraan. 

Ketua PB Peparnas XVII, DB Susanto, mengapresiasi semangat provinsi-provinsi untuk mengikuti kejuaraan. “Antusiasme provinsi sangat tinggi. Bahkan Papua Barat Daya yang sebelumnya hendak absen akhirnya bisa hadir,” ucap DB Susanto.

Cabang olahraga para atletik di Stadion Sriwedari Solo menjadi pilihan menarik masyarakat menyaksikan Peparnas 2024 Solo. Pada hari pertama, cabor para atletik memperebutkan puluhan medali. Penonton yang ingin menyaksikan cabor para atletik bisa masuk ke Stadion Sriwedari melalui pintu sisi utara yang ada di tribun timur.

Tribun ini cukup nyaman ditempati, karena tumbuh pohon-pohon besar yang berfungsi sebagai atap alami. Lalu cabor para panahan di Lapangan Sepak Bola Kottabarat. Ada pula cabor sepak bola CP (Cerebral Palsy) di Stadion UNS dan para bulu tangkis di Edutorium UMS. Total ada 20 cabang olahraga yang dipertandingan pada Peparnas kali ini. k22

Komentar