nusabali

Pilkada Gianyar Perlu 404.581 Surat Suara

  • www.nusabali.com-pilkada-gianyar-perlu-404581-surat-suara

GIANYAR, NusaBali - KPU Gianyar mencatat kebutuhan surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gianyar pada 27 November 2024 mendatang sebanyak 404.581 lembar. Pihak KPU menegaskan, pencetakan surat suara sudah siap sesuai dengan jadwal.

Pilkada Gianyar akan menampilkan duel head to head antara pasangan Made Agus Mahayastra-Anak Agung Gde Mayun (paket AMAN) dengan nomor urut 1 dengan pasangan Anak Agung Kakarsana - I Wayan Tagel Arjana (Paket KATA) dengan nomor urut 2. 

Ketua KPU Gianyar, I Wayan Mura mengatakan, saat ini proses pengadaan surat suara sedang berlangsung dengan penyedia pemenang tender, yakni PT Temprina Bali. “Untuk Gianyar kita dapat jadwal proses cetak tanggal 20-22 Oktober. Estimasi pengiriman ke Gianyar 26 Oktober,” ujar Mura saat dikonfirmasi di Denpasar, Senin (7/10). 

Menurut Mura, desain surat suara telah mendapat persetujuan dari kedua paslon. Total kebutuhan surat suara berdasarkan daftar pemilih tetap sebanyak 392.342 pemilih. Dari angka ini, ditambah dengan surat suara cadangan sebesar 2,5 %  dari total pemilih di setiap TPS. “Sebelum dilakukan pencetakan, proses pengecekan dilakukan terhadap spesimen surat suara,” beber Mura.

Adapun jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Gianyar tahun 2024 terdiri dari 193.415 pemilih laki-laki dan 198.927 pemilih perempuan. Mura menyebutkan, pengecekan kembali terhadap surat suara juga akan dilakukan setelah surat suara tercetak.

“Tiba di gudang, surat suara disortir baru dilipat,” jelas Mura. Namun, Mura belum bisa memastikan berapa membutuhkan tenaga melipat surat suara termasuk ongkosnya. nvi

Komentar