nusabali

Peringatan Bom Bali Diambil Alih Pemkab Badung

  • www.nusabali.com-peringatan-bom-bali-diambil-alih-pemkab-badung

MANGUPURA, NusaBali - Terdapat perubahan signifikan dalam penyelenggaraan peringatan tahunan tragedi Bom Bali tahun ini.

Jika sebelumnya acara ini diinisiasi oleh LPM Kuta bersama Yayasan Isana Dewata secara swadaya, kini pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pariwisata akan mengambil alih tanggung jawab penuh peringatan Bom Bali yang biasanya digelar tiap 12 Oktober.

Ketua LPM Kuta Putu Adnyana, membenarkan informasi tersebut. Dengan adanya alih kelola ke pemerintah daerah, diharapkan peringatan akan semakin terorganisasi dan mendapatkan dukungan anggaran yang lebih memadai. “Untuk tahun ini yang melaksanakan dari Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata. Kalau dahulu kita mengadakan secara swadaya,” ujar Adnyana pada Selasa (8/10) siang.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada kepastian terkait bentuk acara peringatan yang akan digelar. Adnyana mengaku belum menerima informasi lebih lanjut mengenai keterlibatan LPM Kuta dalam kepanitiaan. “Terus terang kami belum ada persiapan, karena komunikasi belum terjalin. Kita menunggu saja,” tuturnya.

Terkait kondisi Monumen Ground Zero yang saat ini sedang dilakukan perbaikan, Adnyana mengarahkan agar mengkonfirmasi langsung ke Dinas Pariwisata. Menurut informasi yang diterimanya, perbaikan monumen sudah mencapai 95 persen dan saat ini sedang dilakukan pembersihan akhir. “Katanya sih sudah 95 persen selesai. Hari ini (kemarin) katanya dibersihkan. Tapi biar gak salah silahkan konfirmasi Dispar, sebab gambar belum kami lihat progresnya seperti apa,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Yayasan Isana Dewata Theolina Marpaung mengatakan telah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pariwisata. Dia juga menjelaskan bahwa konsep kegiatan peringatan tahun ini sudah diserahkan kepada Dinas Pariwisata beberapa bulan lalu.

“Kami sudah ada konfirmasi dengan pihak Dinas Pariwisata. Besok (hari ini) pagi saya kirim round down acara ya,” bebernya singkat seraya menegaskan akan memberitahu lebih detail pada Rabu (9/10) pagi.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Nyoman Rudiarta, belum memberikan penjelasan terkait peringatan tahunan tragedi Bom Bali tahun ini. Saat dikonfirmasi melalui telepon dan pesan WhatsApp, belum ada jawaban. 7 ol3

Komentar