nusabali

BPBD Bantu Korban Kebakaran di Jungutan

  • www.nusabali.com-bpbd-bantu-korban-kebakaran-di-jungutan

AMLAPURA, NusaBali - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem membantu korban kebakaran, di Banjar Untalan, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Selasa (8/10). Kebakaran ini terjadi Jumat (4/10).

Bangunan dapur terbakar milik korban Ni Ketut Sukari. Seluruh isi dapur ludes terbakar, mulai dari kayu bakar, beras, alat-alat dapur, hingga kap bangunan dengan atap asbes.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem I Nyoman Soko Wijaya mendatangi rumah korban membawakan bantuan, berupa selembar matras, selembar sarung, selembar selimut, dan kompor gas. "BPBD datang membawa bantuan, untuk meringankan beban sosial dialami korban," jelas Soko Wijaya.

Kata dia, sebaiknya bantuan yang diberikan berupa terpal untuk menutupi atap bangunan terbakar. Tetapi terpal tidak ada hingga bantuan seadanya. Soko Wijaya mengingatkan agar korban lebih berhati-hati saat memasak menggunakan kayu bakar atau kompor gas. Dengan harapan kasus kebakaran tidak terulang. "Pastikan usai memasak, api telah padam, sebelum meninggalkan dapur," jelasnya.

Menurutnya, sering kali kebakaran disebabkan oleh bara api di tungku dapur. Kemudian api menjalar membakar kayu bakar di sekitarnya, atau lupa mematikan kompor gas hingga kompor meledak berakibat kebakaran.

Korban Ni Ketut Sukari mensyukuri telah dapat bantuan sehingga kompor yang terbakar ada pengganti. "Semoga kasus kebakaran tidak terulang kembali," harapnya,.

Di bagian lain, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Karangasem dari Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem I Made Parnawa mengapresiasi bantuan dari BPBD untuk korban kebakaran dapur.

"Selain memberikan bantuan, BPBD juga  memberikan edukasi kepada masyarakat, agar kasus kebakaran tidak terulang kembali," ujar I Made Parnawa. Selama ini,l kebakaran terjadi karena korbannya lalai. 7k16

Komentar