nusabali

138 Atlet Bali Raih 36 Emas di PON, Atlet Badung Dominasi Perolehan Medali

  • www.nusabali.com-138-atlet-bali-raih-36-emas-di-pon-atlet-badung-dominasi-perolehan-medali

DENPASAR, NusaBali - Kontingen Bali yang berlaga di PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara berhasil menyabet 134 medali dengan rincian 36 emas, 38 perak dan 60 perak. Atas raihan itu, kontingen asal Pulau Dewata berhasil menduduki peringkat ke 7 dari 39 provinsi yang ikut.

Menariknya, torehan emas tersebut diraih oleh 138 atlet yang turun pada nomor perseorangan maupun beregu.

Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengatakan kalau dari data yang dimiliki KONI Bali, untuk emas yang diraih itu didapat dari sejumlah cabang olahraga seperti Balap Sepeda, Cricket, Biliar, Dance Sport, Rugby, Kabaddi, Judo, Atletik, Layar, Taekwondo, Renang, Tenis meja, Golf, Selam, Menembak, Karate, Gateball, Tarung Derajat dan Kempo. 

Untuk cabang olahraga yang raih emas itu diraih dibeberapa nomor alias lebih dari satu emas, sehingga ada atlet yang sama menyumbang perolehan emas untuk Bali. "Untuk meraih 36 emas ini, ada 138 atlet yang berjuang. Total itu merupakan akumulasi dari seluruh atlet, baik yang turun di nomor perseorangan maupun turun di nomor beregu di satu cabang olahraga," terangnya, Selasa (8/10)

Sementara untuk raihan 38 medali perak didapat oleh 54 atlet dan raihan 60 perunggu didapat oleh 67 atlet. Diakui Oka Darmawan, jika untuk raihan perak dan perunggu ini pula ada yang didapat oleh atlet peraih emas. Karena, di masing-masing cabang olahraganya itu turun di berbagai nomor. Contohnya, kata dia, seperti di Cricket, Kabaddi dan juga Biliar. "Bali kirim 549 atlet dan yang berhasil menyumbangkan medali itu dari 259 atlet," kata Oka Darmawan.

Disinggung terkait asal usul atlet, yang mendominasi saat ini memang masih berasal dari Badung. Dari 36 emas yang diraih itu, ada 26 emas yang didalamnya terdapat atlet-atlet asal Gumi Keris itu. Meski demikian, ada juga atlet dari berbagai daerah lainnya yakni Denpasar, Buleleng, Gianyar dan daerah lainya. Namun untuk dominan diperkirakan masih dari Badung. "Cukup banyak dari Badung. Ada juga dari daerah lainnya. Untuk data asal atlet ada di kantor," terangnya lagi.

Sementara Ketua KONI Badung, Made Nariana tidak memungkiri kalau atlet asal Badung mendominasi dalam menyumbangkan medali di PON. Padahal, target awal itu hanya 20 emas, namun lebih banyak 26 emas pada PON XXI/2024 ini. "Ini capaian yang luar biasa dan patut kita apresiasi. Ya, lebih dari target awal. Saya berharap trend ini terus dijaga ke depannya," tambahnya secara terpisah. 7 dar

Komentar