nusabali

Pj Bupati I Nyoman Jendrika Hadiri Gemarikan di Desa Nyalian

  • www.nusabali.com-pj-bupati-i-nyoman-jendrika-hadiri-gemarikan-di-desa-nyalian

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika didampingi Pj Ketua Forikan Kabupaten Klungkung Ny Wiryani Jendrika menghadiri Gemarikan, di Balai Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Rabu (9/10).

Jendrika dalam sambutannya menyampaikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), Pemkab Klungkung akan terus berupaya mensosialisasikan pentingnya makan ikan, tidak hanya kepada anak-anak tetapi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Klungkung.

Melalui gemarikan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan karena dapat mencegah stunting dan menciptakan generasi yang lebih sehat dan cerdas di masa depan. "Semoga Gemarikan dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua," harap Jendrika. 

Dia juga mengajak seluruh pihak baik pemerintah swasta maupun masyarakat untuk bersama-sama mendukung Gemarikan. "Mari kita bahu-membahu demi masa depan anak-anak kita dan Kabupaten Klungkung yang lebih baik," ujar Jendrika.

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Putu Sumardiana dalam laporannya menyampaikan kegiatan Gemarikan ini dilaksanakan dalam rangka mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus bangsa sejak saat ini untuk gemar makan ikan. "Ikan memiliki komposisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan," ujarnya.


Sumardiana menambahkan Gemarikan ini diikuti oleh 158 orang, diantaranya ibu hamil berjumlah 11 orang, ibu menyusui 6 orang, anak usia 0 sampai 59 bulan sebanyak 91 orang, dan anak-anak PAUD dan TK 50 orang.  

Pj Ketua Forikan Provinsi Bali, Ny drg Ida Mahendra Jaya, menyampaikan Gemarikan merupakan gerakan memasyarakatkan makan ikan, berupa pemberian paket Gemarikan kepada ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 0 sampai 59 bulan. 

Gemarikan merupakan program pemerintah yang sangat penting dan strategis untuk mengakselerasikan peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pencegahan stunting dan gizi buruk. "Semoga melalui Gemarikan tingkat konsumsi ikan di Desa Nyalian dan seluruh desa Di Kabupaten Klungkung dapat meningkat," harap Ny Ida Mahendra Jaya.

Dalam kegiatan Gemarikan yang dilaksanakan di Kabupaten Klungkung mengambil lokus di Desa Nyalian dengan tema "Ayo Makan Ikan Cegah Stunting" yang diisi dengan berbagai kegiatan yakni penyuluhan kesehatan mengenai pencegahan stunting dengan mengkonsumsi ikan, lomba memasukan belut dalam botol dan lomba memisahkan jenis ikan dan kegiatan lainnya.

Hadir, Analis Pasar Hasil Perikanan Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Artati Widiarti, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung Anak Agung Putra Wedana,  Kadis Kesehatan Klungkung drg I Gusti Ayu Ratna Dwijawati, dan Camat Banjarangkan Dewa Komang Aswin serta undangan terkait lainnya. @wan

Komentar