nusabali

Optimalkan Layanan, Perumda Berinvestasi Rp 12,7 Miliar

  • www.nusabali.com-optimalkan-layanan-perumda-berinvestasi-rp-127-miliar

BANGLI, NusaBali - Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli optimalkan layanan kepada pelanggan. Langkahini dilakukan melalui investasi bernilai sekitar Rp 12,7 miliar.

Anggaran Rp 12,7 miliar tersebut diantaranya untuk pergantian pipa transmisi di Desa Catur sebesar Rp 2,8 miliar, pembangunan jaringan untuk back up Gamongan I  sepanjang 2,5-kilometer senilai Rp 3,1 miliar, perbaikan JDV kota Bangli saat perbaikan drainase Rp 1,5 miliar, pengadaan alat Rp2 miliar,  pembangunan dan pemeliharaan broncapt Rp 500 juta, perluasan jaringan distribusi sepanjang hampir 20-kilometer senilai Rp 2,3 miliar, dan lainnya.

"Kami menggunakan pola/sistem pembayaran invertasi ini secara jangka panjang karena keterbatasan anggaran," kata Direktur Perumda Air MInum Tirta Danu Arta Bangli Dewa Ratno Suparso Mesi, Rabu (9/10).

Direktur asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini menjelaskan melalui investasi itu dalam kurun waktu 4 tahun perumda menambah ribuan pelanggan. Pada tahun 2020 tercatat 18.899 pelanggan dan sampai September 2024 total 23.722 pelanggan. "Ada penambahan 5.821 pelanggan. Ini membuktikan kepercayaan masyarakat terhadap perumda mulai tumbuh,” jelasnya.

Kata dia, penambahan pelanggan bermuara peningkatan layanan di beberapa desa. Antara lain, di Desa Suter, Abang Songan, Abang Batu Dingding, Belantih, Catur, Daup, Bayung Gede, Kecamatan Kintamani.  Di Kecamatan Tembuku yakni Desa Peninjoan, dan Kecamatan Bangli di Desa Landih dan Pengotan.

Ditambahkan, beberapa program yang akan dilakukan di akhir 2024 dan untuk tahun selanjutnya. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan pembanguan kantorbaru dengan anggaran Rp 4,5 miliar.7esa

Komentar