nusabali

Iniesta Pensiun, Madrid Pun Akui Kehebatannya

  • www.nusabali.com-iniesta-pensiun-madrid-pun-akui-kehebatannya

BARCELONA, NusaBali - Mantan bintang Barcelona dan Timnas Spanyol, Andres Iniesta (40 tahun) memutuskan pensiun dan gantung sepatu sebagai pemain sepakbola, dengan banyak prestasi mentereng. Klub rival utama di LaLiga, Real Madrid pun mengakui kehebatan Iniesta, yang bermimpi melatih Barcelona.

Ya, khabar pensiun Iniesta disampaikan Senin (7/10) malam WITA. Dia mengunggah video yang berisi testimoni orang-orang yang pernah bekerja dengannya. Klub Uni Emirat Arab, Emirates, menjadi tim terakhir yang dibela Iniesta sejak 2023.

Iniesta debut sebagai pemain profesional pada 2000 bersama Barcelona B. Dia promosi ke Barcelona pada 2002 dan memperkuat Los Cules selama 16 tahun. Jebolan La Masia itu memainkan 675 laga dengan meraih 29 gelar bagi Barca, diantaranya 9 trofi LaLiga dan 4 gelar Liga Champions.

Iniesta bergabung klub Jepang, Vissel Kobe, usai kariernya di Barcelona, dengan tiga kali gelar, termasuk memenangkan trofi J1 League pada 2023.

Prestasi Iniesta juga cemerlang di tim nasional. Dia salah satu pilar Timnas Spanyol pada masa kejayaan periode 2008-2012. Spanyol meraih dua trofi Piala Eropa pada 2008 dan 2012 serta gelar Piala Dunia 2010. Iniesta jadi pencetak gol kemenangan La Furia Roja atas Belanda di final Piala Dunia.

Usai pensiun Iniesta bermimpi melatih Barcelona, meski tak ingin merealisasikan mimpi itu dalam waktu dekat. Dia masih ingin menimba ilmu di kursus kepelatihan. Pria kelahiran Barcelona itu sepenuhnya percaya El Barca ditangani Hansi Flick. 

Usai muncul kabar kepensiunannya, Real Madrid pun memuat sebuah pengakuan terkait kehebatan Iniesta. Hal itu memperkuat rivalitas dengan Barcelona hanya sebatas di atas lapangan. Itu karena, Iniesta adalah pemain yang dibesarkan Barcelona. 

"Real Madrid CF, presiden dan Dewan Direksinya ingin menunjukkan pengakuan, kekaguman dan kasih sayang terhadap salah satu legenda besar sepakbola Spanyol dan sepakbola dunia," bunyi keterangan Madrid.

"Real Madrid mendoakan yang terbaik untuknya dan seluruh keluarganya di tahap baru dalam hidupnya," tutup Real Madrid. *

Jejak Prestasi Andres Iniesta

Barcelona
9 gelar LaLiga
6 gelar Copa del Rey
5 gelar Piala Super Spanyol
4 gelar Liga Champions
3 gelar Piala Super Eropa
3 gelar Piala Dunia Antarklub

Vissel Kobe
1 gelar J1 League
1 gelar Piala Kaisar
1 gelar Piala Super Jepang

Timnas Spanyol
2 gelar Piala Eropa
1 gelar Piala Dunia.

Komentar