nusabali

JOSS 24 Terjun di Gerokgak

Bangun Rumah Sakit untuk Krama di Buleleng Barat

  • www.nusabali.com-joss-24-terjun-di-gerokgak

Layanan rumah sakit menjadi kebutuhan dasar masyarakat di Kabupaten Buleleng

SINGARAJA, NusaBali
Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra-Gede Supriatna terjun di Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak, Rabu (9/10). Paslon yang dijuluki paket Jengah Optimis Menangkan Sutjidra Supriatna 2024 (JOSS 24) ini siap membangun rumah sakit di Kecamatan Gerokgak untuk melayani masyarakat di Buleleng Barat.

“Kalau kami menang di Pilkada Buleleng, kita akan bangun rumah sakit pratama di Kecamatan Gerokgak, sehingga mendekatkan akses layanan kesehatan ke masyarakat di Buleleng Barat,” terang Sutjidra dalam kampanye, Rabu.

Dalam kampanyenya di hadapan masyarakat yang hadir, JOSS24 yang diusung PDI Perjuangan dan parpol koalisi ini mengungkap layanan rumah sakit menjadi kebutuhan dasar masyarakat di Kabupaten Buleleng. Hal itu disebabkan Kabupaten Buleleng memiliki luas wilayah terbesar dan jumlah penduduk terbanyak diantara kabupaten/kota lainnya di Bali. 

Paket JOSS 24 yang optimis menangkan Pilkada Buleleng 2024, menyebut selama ini fasilitas kesehatan (faskes) di Kecamatan Gerokgak sudah terpenuhi dengan adanya dua Puskesmas. Hanya saja teritorial Kecamatan Gerokgak merupakan bagian terbarat Kabupaten Buleleng. Jarak tempuh menuju rumah sakit terdekat di Kecamatan paling barat Buleleng ini juga cukup jauh. 

Di Seririt ada rumah sakit, namun jaraknya juga masih jauh dari Gerokgak. Apalagi ke RSUD Buleleng yang letaknya di tengah kota. Jarak tempuh ke pusat kota ini menjadi kendala besar. “Beberapa keluhan masyarakat muncul saat pasien dirujuk ke RSUD Buleleng, mobil ambulan mogok karena berbagai persoalan, mulai mesin mati atau bannya kempes,” ujar Sutjidra.

Sementara Cawabup Supriatna menambahkan, pertimbangan membangun rumah sakit di Kecamatan Gerokgak selain karena jangkauan fasilitas kesehatan yang jaraknya jauh, juga pertumbuhan penduduk dan rencana pengembangan kawasan Pelabuhan Celukan Bawang di Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. 

“Kampanye ini tidak hanya menyampaikan visi misi, tetapi juga sambil menyerap aspirasi masyarakat. Tentu semua aspirasi masyarakat nyambung dengan visi misi kami di pilkada dan sudah kami pikirkan solusinya untuk menjawab persoalan di masyarakat,” terang mantan Ketua DPRD Buleleng, ini. k23

Komentar