nusabali

Forkopimda Jembrana Bahas Potensi Kerawanan Pilkada

  • www.nusabali.com-forkopimda-jembrana-bahas-potensi-kerawanan-pilkada

NEGARA, NusaBali - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Jembrana I Ketut Sukra Negara menggelar rapat bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jembrana, Kamis (10/10). Disamping momentum silaturahmi, pertemuan ini membahas langkah-langkah antisipatif terhadap potensi kerawanan dalam situasi Pilkada di Jembrana.

Rapat diadakan di sebuah rumah makan, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Jembrana, ini dihadiri oleh Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jembrana, Salomina Meyke Saliama, Wakil Ketua DPRD Jembrana, I Wayan Wardana. Turut serta hadir Sekda Jembrana I Made Budiasa bersama perwakilan dari Kodim 1617 Jembrana dan Pengadilan Negeri Negara.

Dalam rapat tersebut, Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto pun memaparkan berbagai isu yang perlu dicermati. Diantaranya seperti gesekan antar pendukung calon, praktik money politics, black campaign, politik identitas, serta berbagai kemungkinan pelanggaran lainya. Dirinya menegaskan pentingnya selalu mengingatkan bagi semua kontestan untuk berkompetisi secara sehat dan fair.

AKBP Endang juga menekankan agar setiap pihak, termasuk TNI-Polri dan ASN menjaga netralitas serta menyampaikan informasi yang menyejukkan di media sosial (medsos). Bahkan dirinya juga menegaskan harapan Jembrana bisa sebagai contoh penyelenggaraan Pilkada yang aman dan damai.

"Saya dengan pak Dandim optimis selalu menjaga agar perhelatan Pemilu ini berjalan lancar. Dan pesan saya untuk masyarakat Jembrana, agar senantiasa ikut serta menjaga situasi, dalam hal ini agar senantiasa kondusif," ucap AKBP Endang.

Sementara Pjs Sukra Negara pun menyatakan sepakat tentang pentingnya kerjasama antar stakeholder untuk menciptakan situasi yang kondusif menjelang Pilkada ini. Apalagi tingkat kerawanan Pilkada di Jembrana ini pun cukup tinggi dengan pasangan calon (palson) yang sama-sama kuat sehingga kolaborasi bersama semua pihak sangat krusial.

Dalam diskusi itu, Pjs Sukra Negara juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Forkopimda atas soliditas dan sinergi yang terus terjalin. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda yang telah bekerja keras menjaga keamanan dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

"Saya berharap semua pihak dapat terus menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Jembrana. Keberhasilan Pilkada bergantung pada kolaborasi kita semua," ujar Pjs Sukra Negara.

Hal senada juga disampaikan Kajari Jembrana Salomina Meyke Saliama. Dirinya pun menegaskan sepakat mewujudkan Pilkada lancar, aman, dan terkendali sampai akhir. Dan diharapkan juga dengan semangat kolaborasi dan komitmen bersama seluruh jajaran Forkopimda mampu menjaga proses demokrasi di Kabupaten Jembrana berjalan dengan baik, aman, dan tertib.7ode

Komentar