nusabali

Mencuri di Kintamani, Ditangkap di Padangbai

Buruh Ternak Ayam Baru Kerja Sehari

  • www.nusabali.com-mencuri-di-kintamani-ditangkap-di-padangbai

Pelaku beralasan tidak bisa bekerja di peternakan ayam tersebut sehingga mau pulang dan mencuri sepeda motor bosnya. Namun, pelaku salah seorang residivis.

BANGLI, NusaBali
Pencuri sepeda motor di Bangli, tepatnya kandang ayam milik I Nengah Nuridin, 49, di Banjar/Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Bangli, ditangkap di Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem. Pelaku, Sukrianto, 31, asal Tanah Gadang II, Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Pelaku ditangkap saat hendak parkir di Pelabuhan Padangbai, Rabu (9/10) pukul 17.00 Wita. Pelaku dibekuk personel Unit Reksrim Polsek Kintamani dan Unit Resmob Satreskrim Polres Bangli di Pelabuhan Padangbai. Saat itu, Sukrianto akan menyeberang menuju Lombok Nusa Tenggara Barat (TNB) usai mencuri sepeda motor dan handphone. Pelaku mencuri sepeda motor bosnya pada hari pertama bekerja.

Pada Rabu (9/10) pagi, Sukrianto tiba di kandang ayam milik I Nengah Nuridin di Banjar/Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani. Pada hari tersebut dia baru mengawali bekerja sebagai buruh pemungut telur ayam. Kemudian pada Rabu siang, Sukrianto keluar menggunakan sepeda motor Honda Vario DK 7683 PI milik Nengah Nuridin. 

Selang beberapa waktu, Sukrianto kembali lagi ke kandang tersebut. Tidak lama berada di kandang, Sukrianto kembali keluar tanpa minta izin. Setelah ditunggu-tunggu Sukrianto tidak juga kembali. Bahkan saat dicek, handphone Nengah Nuridin yang dicas hilang. Atas kejadian tersebut, Nuridin lapor polisi.

Kanit Reskrim Polsek Kintamani Iptu Putu Asmara Putra menyampaikan, setelah menerima laporan itu timnya langsung menyelidiki. Lanjut tim menerima laporan dari Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, Karangasem, tentang keberadaan pelaku di pelabuhan itu. "Rabu malam, yang bersangkutan hendak menyeberang menuju Lombok," jelasnya, Kamis (10/10).

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan sepeda motor Honda Vario dan sebuah handphone. "Modus pelaku yakni mengambil handphone yang sedang di cas kemudian mengambil sepeda motor yang diparkir di halaman," sebutnya.

Kata Iptu Asmara Putra, pelaku beralasan tidak bisa bekerja di peternakan ayam tersebut sehingga mau pulang dan mencuri sepeda motor bosnya. Namun, pelaku salah seorang residivis.

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol I Nyoman Merta Kariana, seizin Kapolres AKBP I Nengah Sadiarta, membenarkan adanya penangkapan pelaku. Petugas menginterogasi Sukrianto dan mengakui mencuri sepeda motor di Bangli. Polisi langsung mengamankan pelaku ke Mapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai.

Selanjutnya, pelaku curanmor beserta barang bukti digiring ke Bangli. "Tangkapan ini hasil pengembangan kasus, yang sebelumnya dapat laporan sepeda motor hilang di Bangli, lengkap dengan identitas sepeda motor," katanya.

Kapolsek Kompol Merta Kariana mengaku hanya membantu penyelidikan dari Polsek Kintamani, terkait kasus curanmor itu.

Kata dia, banyak pelaku curanmor ditangkap di Pelabuhan Padangbai. Begitu terjadi kasus pencurian, maka petugas Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbaimendapatkan tembusan laporan.

Terlebih lagi, wilayah hukum Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, memberlakukan satu pintu pengawasan. Sebenarnya di pelabuhan ada dua pintu, pintu timur dan utara, selama ini hanya pintu utara yang dibuka, sehingga penjahat sulit lolos. Petugas memberlakukan penjagaan berlapis, selain dijaga di tiga pos, juga dilengkapi CCTV dan ada petugas khusus menggelar patroli.

"Di Pelabuhan  Padangbai, ada petugas berjaga-jaga di pos memeriksa identitas kendaraan sebelum naik kapal, ada yang memeriksa identitas kendaraan yang baru turun dari kapal," tambahnya.7esa,k16

Komentar