nusabali

Air Diduga Limbah Meluber di Jalan Goa Gong

  • www.nusabali.com-air-diduga-limbah-meluber-di-jalan-goa-gong

MANGUPURA, NusaBali - Air berwarna pekat yang diduga limbah meluber di Jalan Goa Gong, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Diduga air limbah itu berasal dari kos-kosan di kawasan tersebut. Keberadaan air yang diduga limbah itu membuat kondisi jalan menjadi sangat kotor dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Ketua LPM Jimbaran Made Dharmayasa, mengatakan air yang diduga limbah yang meluber ke jalan diduga berasal dari pembuangan kos-kosan yang tidak dilengkapi dengan septic tank. “Kejadian ini sudah berlangsung cukup lama. Pihak kecamatan sudah pernah turun ke lokasi dan pemilik kos berjanji akan membuat septic tank peresapan. Namun, hingga saat ini masalah ini belum teratasi,” ujar Dharmayasa, Kamis (10/10).

“Kami mengusulkan agar saluran drainase yang sedang dibangun oleh Universitas Udayana dapat dihubungkan dengan saluran pembuangan di lokasi tersebut. Namun, usulan ini belum disampaikan secara resmi ke dinas terkait,” tambahnya.

Dharmayasa menegaskan akan terus memantau perkembangan situasi dan tidak segan-segan memanggil kembali pemilik kos. Jika dalam tiga kali pemanggilan, tidak ada tindakan perbaikan, pihaknya akan mempertimbangkan sanksi lebih lanjut.

Selain masalah limbah, kondisi jalan di sekitar lokasi juga memprihatinkan. Banyak lubang dan kerusakan akibat genangan air limbah. LPM Jimbaran berencana untuk berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung guna memperbaiki jalan tersebut.

“Harapan ke depan semoga segera dibuatkan drainase agar air tidak meluber lagi, biar tidak merusak kondisi jalan aspal di sana. Selain itu, untuk pemilik kos segera membuat septic tank peresapan,” harap Dharmayasa. 7 ol3

Komentar