nusabali

Target Tahun Ini Gelar Enduro Race, IMI Bali Tinjau Lokasi Sirkuit

  • www.nusabali.com-target-tahun-ini-gelar-enduro-race-imi-bali-tinjau-lokasi-sirkuit

Untuk penataan lahan sirkuit akan dilakukan oleh IMI Bali, terlebih Ketua Umum IMI Bali I Gusti Ngurah Anom (Cok Krisna) sudah menyiapkan anggaran pribadi sebesar Rp 1 miliar. 

SINGARAJA, NusaBali
Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia  (Pengprov IMI) Bali didampingi KONI Buleleng, aparat Kecamatan dan Kelurahan meninjau langsung lahan yang akan digunakan sirkuit, Kamis (10/10/2024) siang. Peninjauan dan pengecekan berlangsung di lahan aset Pemprov Bali di wilayah Lingkungan Lumbanan, Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng.
 
Ketua Harian IMI Bali, Tony mengatakan, lahan seluas 5,5 hektare ini sudah disetujui oleh Penjabat (Pj) Gubernur Bali untuk dimanfaatkan sebagai venue cabang olahraga bermotor. IMI Bali juga melihat dan memperkirakan langsung tatanan layout sirkuit yang akan dibangun. Selanjutnya baru akan dilakukan penataan lahan untuk layak menjadi sirkuit.
 
“Kalau melihat lokasi lahan ini sangat mendukung dan sangat bagus kita gunakan, karena lahan relatif datar, fasilitas pendukung seperti air juga banyak di sini, tinggal sekarang yang mendesak adalah akses jalan masuk dulu diperkuat, sehingga kami segera bisa berkegiatan di sini,” ucap Tony.
 
Sedangkan untuk penataan lahan sirkuit akan dilakukan oleh IMI Bali, terlebih Ketua Umum IMI Bali I Gusti Ngurah Anom (Cok Krisna) sudah menyiapkan anggaran pribadi sebesar Rp 1 miliar. Sedangkan untuk akses jalan masuk menuju lahan, IMI Bali berharap bisa dibantu oleh pemerintah. Selain berdampak pada pembinaan atlet olahraga bermotor secara tidak langsung juga akan bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.
 
“Harapan kami tahun ini bisa membuat event enduro race yang tidak memerlukan sirkuit permanen, melainkan sirkuit alami begini yang diperlukan. Nanti kami akan undang teman-teman IMI di Kabupaten di Bali,” terang Tony.
 
Menurutnya sirkuit ini akan sangat bermanfaat untuk pembinaan dan pembibitan atlet olahraga bermotor Bali. Sebab selama ini belum ada venue yang layak untuk tempat latihan. Padahal Bali memiliki potensi atlet bermotor yang sangat baik. Dia pun berharap dengan adanya sirkuit ini bisa menargetkan medali di PON 2028 mendatang. Sirkuit di wilayah Lumbanan ini disebutnya tidak hanya cocok untuk kejuaraan enduro race, tetapi juga adventure trail, motor cross, grasstrack, termasuk offroad roda 4.
 
Sementara itu Ketua KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja yang juga mendampingi pemantauan berharap realisasi pembangunan sirkuit cepat terealisasi. Keberadaan sirkuit ini akan sangat menguntungkan atlet Buleleng karena lokasinya ada di wilayah Denbukit.  
 
“Mudah-mudahan sirkuit ini cepat terealisasi selain untuk pembinaan atlet juga fasilitasi anak muda Buleleng tidak lagi trek-trekan di jalan,” kata Wiratmaja.
 
Terkait akses jalan masuk, dia menyebut penjajakan awal sudah mulai dilakukan oleh kepala lingkungan dan lurah untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat pemilik lahan. Keterangan lisan dari hasil penjajakan, masyarakat sangat mendukung untuk pelebaran akses jalan yang saat ini sangat sempit dan cukup untuk satu sepeda motor saja.7 k23

Komentar