nusabali

PDIP Kuasai Tiga Ketua Komisi, ‘Dum-duman’ Pimpinan AKD DPRD Denpasar

  • www.nusabali.com-pdip-kuasai-tiga-ketua-komisi-dum-duman-pimpinan-akd-dprd-denpasar

Menurut Ngurah Gede, anggota DPRD Denpasar dari lintas fraksi secara kelembagaan sepakat untuk mendukung kebersamaan dalam melaksanakan tugas-tugas dewan

DENPASAR, NusaBali
Pimpinan DPRD Kota Denpasar menetapkan alat kelengkapan dewan (AKD) periode 2024-2029 dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Kota Denpasar, Jumat (11/10). Tiga jabatan Ketua Komisi di DPRD Kota Denpasar masih dikuasai Fraksi PDIP Denpasar. Sementara satu jabatan Ketua Komisi dipercayakan kepada Fraksi Golkar. 

Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede dikonfirmasi di Denpasar, Jumat (11/10) mengungkapkan, penetapan AKD ini sudah sesuai dengan kesepakatan dalam rapat paripurna dewan. Fraksi PDIP mengamankan jabatan Ketua Komisi I, II dan III. Sementara Ketua Komisi IV dijatah kepada Fraksi Golkar. Tidak hanya mengamankan, tiga jabatan Ketua Komisi, fraksi terbesar di DPRD Denpasar ini mengamankan jabatan Ketua Badan Legislasi (Baleg).

Namun demikian, PDIP mengocok ulang kadernya yang ditempatkan sebagai Ketua Komisi I, II dan III.  Ketua Komisi I yang pada periode sebelumnya dipercayakan kepada Ketut Suteja Kumara digantikan Anak Agung Gede Putra Wibawa. 

Ketua Komisi II yang sebelumnya dijabat Wayan Suadi Putra kini diganti I Wayan Sutama. Sebaliknya, Ketua Komisi III yang sebelumnya ditempati Eko Supriadi kini disundul Wayan Suadi Putra. Sementara untuk Komisi IV diberikan kepercayaan kepada Fraksi Golkar. Golkar masih mempercayakan I Wayan Duaja, politisi senior Partai Golkar asal Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat sebagai ketua komisi. 

Sementara untuk Badan Kehormatan (BK) pimpinan DPRD menunjuk Anak Agung Ketut Asmara Putra atau Gus Cilik dari Fraksi Demokrat. Ketua DPC Demokrat asal Kelurahan Padangsambian Kecamatan Denpasar Barat ini menjabat sebagai Ketua BK. Pada periode 2019-2024, Gus Cilik menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Denpasar, karena Demokrat saat itu mendapatkan jatah 1 kursi pimpinan dewan. 

Sementara, untuk Ketua Badan Legislasi (Baleg) diberi kepercayaan kepada I Nyoman Darsa dari Fraksi PDIP. “Itu semuanya sudah disahkan dan sesuai kesepakatan bersama,” beber Ngurah Gede. 

Ngurah Gede mengatakan, dengan ditetapkannya AKD DPRD Kota Denpasar maka rapat untuk agenda kegiatan kerja akan digelar pada, Senin (14/10). Menurut Ngurah Gede, anggota DPRD Denpasar dari lintas fraksi secara kelembagaan sepakat untuk mendukung kebersamaan dalam melaksanakan tugas-tugas dewan.

Disebutkan Ngurah Gede, banyak tugas-tugas yang sudah menunggu. Sehingga, Ngurah Gede berharap semua anggota dewan bisa bekerja dengan maksimal. “Dengan terbentuknya AKD ini kita selalu bekerja dengan kebersamaan. Bagaimana menuju ‘Denpasar Maju’ sesuai dengan harapan kita. Setelah ini kami mulai bekerja, karena banyak yang kita harus lakukan,” ujar Ketua DPC PDIP Denpasar, ini.mis

Komentar