nusabali

Giatkan Literasi, Perpustakaan Nawaksara Siapkan Lomba

  • www.nusabali.com-giatkan-literasi-perpustakaan-nawaksara-siapkan-lomba

GIANYAR, NusaBali - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar melakukan berbagai terobosan meningkatkan minat dan budaya literasi di Gianyar. Langkah ini seiring dengan keberadaan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Daerah Nawaksara di Jalan Pura Samuantiga, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Gedung ini cukup refresentatif dibarengi kegiatan sebagai motor penggerak peningkatan literasi.

Serangkaian Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2024, Perpustakaan Nawaksara menggelar berbagai lomba perpustakaan dan seleksi duta baca/literasi. Lomba dimaksud, Lomba Pidato tingkat SMP, Lomba Majalah Dinding tingkat SMP, Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SMA/SMK, Nyurat Aksara Bali tingkat SD, Lomba mewarnai tingkat TK, Story Telling untuk guru Paud/TK serta Seleksi Duta Baca/Duta Literasi digelar melibatkan juri dari Bunda Literasi Kecamatan, Pustakawan dan Penggiat Literasi.

"Lima ragam lomba dan seleksi Duta Baca/Duta Literasi Perpustakaan Daerah Nawaksara gelar sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan dan lebih menggiatkan budaya baca dan literasi Masyarakat," ungkap Kabid Layanan dan Pelestarian, Dispusar Gianyar, I Nyoman Bidi Sastra Sedana (12/10).

Bidi Sastra menjelaskan, sosialisasi lomba dan pendaftaran peserta sudah dimulai sejak Oktober 2024, dibuka dua gelombang. Minggu ketiga bulan Oktober sudah masuk tahap seleksi tiga besar dengan penjurian secara online melalui jumlah like di instagram dan penjurian oleh dewan juri. Minggu keempat, dilanjutkan pengumuman tiga besar dan di akhir bulan Oktober hingga awal November 2024, penentuan peraih juara 1,2 dan 3.

"Melalui lomba dan seleksi ini, kami ingin memperkuat ruang bagi generasi muda dan pendidik untuk mengaktualisasi bakat dan kemampuan di bidang literasi, terutama meningkatkan budaya baca," imbuh Bidi Sastra.

Dijelaskan, peserta tampak antusias untuk mengikuti beragam lomba ini. Untuk tahun selanjutnya, panitia akan lebih meningkat kualitas dan kuantiras lomba. Tak kalah penting, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, Oktober 2024, ini menjadi momen amat berharga bagi masyarakat, terkhusus lagi kalangan pelajar dalam meningkatkan penguasaan literasi.7lsa

Komentar