nusabali

25 Oktober, Debat Publik Perdana Pilbup Badung

Debat Digelar Tiga Kali di Dua Tempat

  • www.nusabali.com-25-oktober-debat-publik-perdana-pilbup-badung

MANGUPURA, NusaBali.com - KPU Kabupaten Badung menyampaikan, debat publik atau debat terbuka perdana serangkaian kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Badung digelar, Jumat (25/10/2024) ini.

Berdasarkan hasil focus group discussion (FGD) KPU Badung bersama pihak terkait di Graha Pemilu Alaya Giri Nata, Denpasar, Minggu (13/10/2024), debat publik bakal dilaksanakan di dua tempat. Antara di hotel dan di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

"Debat publik yang diikuti kedua pasangan calon (paslon) Pilbup Badung rencana kami akan laksanakan sebanyak tiga kali debat," ujar Anggota KPU Badung/Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan I Nyoman Dwi Suarna Artha.

Debat publik perdana untuk mengupas visi, misi, dan program paslon I Wayan Suyasa-I Putu Alit Yandinata (Suyadinata) dan I Wayan Adi Arnawa-Bagus Alit Sucipta (Adicipta) dijadwalkan berlangsung di The Trans Resort Bali, Jalan Sunset Road, Seminyak, Kuta, Badung.

Debat berikutnya dijadwalkan bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung. "Debat kedua tanggal 8 November 2024 sedangkan debat ketiga dilaksanakan pada 22 November 2024," beber Anggota KPU Badung/Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Agung Rio Swandisara.

Kata Agung Rio yang membidangi urusan kampanye, debat publik adalah ajang bagi pemilih untuk mendalami profil, visi, misi, dan program kerja para paslon sebagai pertimbangan menentukan pilihan. Bagi paslon, debat merupakan salah satu metode kampanye untuk menyebarluaskan gagasan mereka.

Soal desain acara, panelis debat, dan sebagainya, KPU Badung sedang menggodok komponen ini bersama tim perumus. Khususnya berkaitan tema, disebut tidak akan jauh-jauh dari kesejahteraan masyarakat, kemajuan daerah, pelayanan publik, dan pemecahan masalah daerah.

Namun begitu, debat publik yang digelar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak biasanya tidak jauh melenceng dari apa yang sudah ditampilkan pada debat Pilpres 2024 lalu dan debat Pilkada Jakarta. *rat

Komentar