nusabali

Prabowo Temui Jokowi di Solo

Seminggu Sebelum Dilantik, Lakukan Pertemuan Tertutup

  • www.nusabali.com-prabowo-temui-jokowi-di-solo

Prabowo berkunjung ke rumah Jokowi di Solo sekitar 90 menit, Prabowo kemudian diketahui menuju bandara dan langsung bertolak kembali ke Jakarta

SOLO, NusaBali
Pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) terlihat makin kompak pada pertemuan tertutup di Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/10). Sebelum melakukan pertemuan, Gibran menjemput Prabowo di Bandara Adi Soemarmo Solo. Selanjutnya, mereka menumpangi mobil menuju kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Keduanya tiba di kediaman Presiden Jokowi pada pukul 14.15 WIB. Pada kesempatan itu, Prabowo yang saat ini masih menjabat Menteri Pertahanan mengenakan atasan batik, celana hitam, dan memakai peci. Sedangkan Gibran mengenakan atasan putih dan celana hitam. Gibran sempat melambaikan tangan kepada wartawan. Meski demikian, tidak ada pernyataan yang diberikan oleh keduanya kepada wartawan. 

Prabowo Subianto hanya mengacungkan jempol ke arah wartawan usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di kediamannya di Sumber, Solo. Prabowo berkunjung ke rumah Jokowi sekitar 90 menit, mulai pukul 14.15 WIB, dan meninggalkan kediaman Jokowi sekira pukul 15.45 WIB. Prabowo diketahui menuju bandara dan langsung bertolak ke Jakarta.

Sebelumnya, saat melakukan blusukan di Pasar Ampel, Boyolali, Minggu pagi Gibran membenarkan rencana pertemuan tersebut. "Iya, makanya ini saya mau pulang dulu," katanya. Meski demikian, ia enggan menyampaikan topik apa saja yang dibahas oleh mereka. Terkait hal ini, Ketua DPC Gerindra Surakarta, Ardianto Kuswinarno mengatakan kegiatan Prabowo Subianto di Solo merupakan agenda mendadak. "Kami diberi tahu itu bukan kegiatan partai. Makanya kami diperintahkan tidak boleh mendampingi," katanya.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan silaturahmi dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kediaman pribadi Jokowi di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Minggu kemarin. "Benar, di kediaman pribadi Pak Jokowi di Sumber (Solo). Silaturahmi, kebersamaan dan keberlanjutan. Itu tema utamanya," kata Mensesneg Pratikno melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu.

Prabowo dan Jokowi sebelumnya juga sempat santap malam bersama atau private dinner di Hutan Kota Plataran, Jakarta, pada Selasa (8/10) lalu. Jokowi mengaku mereka membahas banyak hal terutama terkait kondisi negara. Ia menyebut pertemuan itu terjadi kurang lebih selama dua jam. Oleh sebab itu ia tidak bisa membeberkan secara detil pembahasan dalam private dinner itu. "Ya ada politiknya, ada urusan ekonomi, banyak banget," kata Jokowi usai menghadiri malam puncak HUT ke-79 Pertambangan dan Energi di Jakarta Pusat, Kamis (10/10). 

Sementara dalam sambutannya di acara Kompas 100 CEO Forum di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10), Presiden Jokowi mengatakan dirinya meyakini Presiden terpilih Prabowo Subianto mampu membawa Indonesia mencapai pertumbuhan yang baik. "Saya meyakini Bapak Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto mampu membawa kita semuanya menuju ke angka-angka (pertumbuhan ekonomi) yang tadi saya sampaikan," katanya.

Dia menegaskan dirinya tidak mau mencampuri hak prerogatif Prabowo. Dia mengatakan pada saat santap malam dirinya dengan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu, ia juga tidak mau membicarakan soal menteri jika tidak ditanya. "Meskipun kemarin kita makan malam dua setengah jam, ndak, kalau ndak ditanya, saya nggak akan (komentar soal menteri). Karena saya sama, saya juga nggak mau hak prerogatif saya diintervensi siapapun. Itu hak yang diberikan pada rakyat, kemudian dalam pemilu ditransfer ke saya," kata Presiden. 7 ant

Komentar